MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH PADA SMP NEGERI 7 BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH PADA SMP NEGERI 7 BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA


Pengarang

HAMIDAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1509200050016

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371. 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH
PADA SMP NEGERI 7 BANDAR BARU
KABUPATEN PIDIE JAYA
Oleh : Hamidah
NPM : 1509200050016
Komisi Pembimbing:
1. Dr. Niswanto, M. Pd.
2. Dr. Bahrun, M. Pd.
ABSTRAK
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis
Sekolah (MPMBS) merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan program
pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui bagaimanakah pelaksanaan dan penyusunan program peningkatan mutu
berbasis sekolah MBS dan MPMBS, kendala yang dihadapi, dan pemberdayaan
komite sekolah di SMP Negeri 7 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Lokasi
penelitian ini adalah SMP Negeri 7 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya. Subyek
dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa, staf tata usaha, dan komite
sekolah. Analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan verifikasi
data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penyusunan Program Peningkatan
Mutu Berbasis Sekolah pada SMP Negeri 7 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya sudah
baik. Sekolah menerapkan proses MBS melalui beberapa tahap yaitu: perencanaan,
pengorganisasian, pergerakan, pengawasan, serta evaluasi; (2) Pelaksanaan PPMBS
melalui langkah-langkah: mengoptimalkan peranan kepala sekolah, mengoptimalkan
peran guru dan staf sekolah, mengoptimalkan peran orang tua siswa dan masyarakat,
mengoptimalkan peran siswa, dan meningkatkan mutu mengajar melalui program
inovatif berbasis kompetensi; (3) Tindak lanjut program peningkatan MBS dengan
memperkuat kepemimpinan, perbaikan pembelajaran yang berkesinambungan,
memperkuat manajemen kurikulum, memperkuat kapasitas manajemen, dan
memperkuat sumber daya tenaga kependidikan; dan (4) Kendala yang dihadapi dalam
pelaksanaan PPMBS kurangnya sarana dan prasarana pendukung, adalah
perpustakaan, Unit Kesehatan Sekolah, dan laboratorium bahasa.
Kata Kunci: Manajemen, Mutu, dan Manajemen Berbasis Sekolah.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK