KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD NEGERI 16 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD NEGERI 16 BANDA ACEH


Pengarang

IRAWATI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200050024

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.201 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI
SD NEGERI 16 BANDA ACEH

Oleh : Irawati
NPM: 1609200050024

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M. Pd.

ABSTRAK

Kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Program kepala sekolah, Pelaksanaan program , dan Hambatan yang ditemui kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini kepala sekolah, guru, ketua KKG, komite sekolah, pengawas, dan guru-guru berprestasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dengan melaksanakan musyawarah di awal tahun ajaran bersama wakil kepala sekolah, guru, ketua KKG, komite sekolah, pengawas, sehingga menunjukkan hasil yang baik terutama dalam peningkatan kompetensi profesional guru di SD Negeri 16 Kota Banda Aceh 2) pelaksanaan program kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru adalah dengan menciptakan iklim yang kondusif, memberikan peluang bagi pengembangan kompetensi guru, memberikan reward bagi guru yang berprestasi, serta akan diikutkan dalam program CAKEP, 3) Hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru adalah masih adanya guru yang belum menguasai Teknologi Ilmu Komputer (TIK), dan kurangnya motivasi yang diberikan oleh pihak keluarga dalam meningkatkan kompetensi profesional, sehingga menjadi hambatan guru dalam mempersiapkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.

Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Kompetensi Profesional Guru





PRINCIPAL LEADERSHIP IMPROVING TEACHERS
PROFESSIONAL COMPETENCE AT STATE
ELEMENTARY SCHOOL 16
IN BANDA ACEH


ABSTRACT
(Irawati)


The aim of this research is to examine the principal programs, programs implementation, and obstacles faced by the principals in improving teachers professional competence. This research uses descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques by means of observation, interviews, and documentation. The subject of the study was the principal, teacher, head of the KKG, school committee, supervisor, and outstanding teachers. The results of this study indicate that: 1) The principal's program in improving the professional competence of teachers by conducting deliberations at the beginning of the school year with the vice principal, teacher, chairperson of the KKG, school committees, supervisors, so as to show good results, especially in enhancing the professional competence of teachers at state elementary school 16 in Banda Aceh, 2) the implementation of the principal program to improve teacher professional competence is to create a conducive climate, provide opportunities for the development of teacher competencies, provide rewards for teachers who excel, and will be included in the CAKEP program, 3) obstacles faced by principals in improving teacher professional competence are there are still teachers who have not mastered Computer Science Technology, and the lack of motivation provided by the family in improving professional competence, thus becoming a barrier for teachers in preparing the planning and implementation of learning.

Keyword: the headmaster leadership, and professional competence of teachers

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK