KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA KANTOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA BALAI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA KANTOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA BALAI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT ACEH


Pengarang

DINA DAHLIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200050019

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.201 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA KANTOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA BALAI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN
ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT ACEH


Oleh : Dina Dahlia
NPM : 1609200050019

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M. Pd.

ABSTRAK
Kompetensi manajerial sebagai kemampuan menerapkan konsep, teknik perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan evaluasi kinerja untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang program, implementasi dan hambatan-hambatan yang dihadapi kepala kantor BP-PAUD dan DIKMAS Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam pelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian kepala kantor dan pegawai BP-PAUD dan DIKMAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) program kerja kepala kantor BP-PAUD dan DIKMAS Aceh dalam meningkatkan kinerja pegawai sudah disusun dan terdokumentasikan dengan cukup baik meliputi: a). program kerja berdasarkan visi, misi dan tujuan BP-PAUD dan DIKMAS Aceh, b) untuk menghindari tumpang tindih pekerjaan dan tugas, c). perencanaan sumber daya manusia meliputi rekrutmen tenaga kerja, pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja pegawai dan kepuasan kerja. 2) Implementasi program kerja kepala kantor dalam meningkatkan kinerja pegawai sesuai dengan tupoksi BP-PAUD dan DIKMAS Aceh meliputi: a) pengembangan model, b) pemetaan mutu, c) koordinasi dan sinkornisasi program Kab/Kota Provinsi, d) kompetensi SDM, e) layanan kemitraan, f) magang dan g) administrasi perkantoran 3) Kepala BP-PAUD dan DIKMAS Aceh masih ditemuinya hambatan-hambatan, baik faktor intern maupun ekstern. Faktor interen meliputi; a) pegawai tidak linear dengan tupoksi yang ditanganinya, b) kedisiplinan pegawai dan memanfaatkan waktu pekerjaan, c) kemampuan sebagian besar pegawai dalam penguasaan IT masih lemah. Faktor ekstern meliputi; a) masalah data, b) regulasi dan kebijakan dari pusat sering tidak dibarengi dengan perangkat pendukung dan petunjuk, c) kurangnya informasi dari masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang diberikan oleh kantor BP-PAUD dan DIKMAS Aceh.

Kata Kunci: Kompetensi Manajerial dan Kinerja Pegawai

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK