Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN
Pengarang
ERLITA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1609200150012
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dan
hasil belajar peserta didik terhadap penerapan strategi pembelajaran berbasis inkuiri
terbimbing dengan memanfaatkan lingkungan sekolah pada materi dunia tumbuhan
di SMA Negeri Kabupaten Bireuen. Pengumpulan data dilakukan pada bulan
September 2017 sampai Februari 2018. Metode yang digunakan dalam pe nelitian ini
adalah True Experiment dengan desain Pretest Posttest Control Group. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Negeri Kabupaten Bireuen dengan jumlah keseluruhan peserta
didik yang digunakan sebagai sampel penelitian sebanyak 150 peserta didik.
Instrumen yang digunakan adalah angket keterampilan proses sains dan soal
sebanyak 45 butir untuk menilai hasil belajar kognitif peserta didik. Analisis data
menggunakan persentase uji normalitas, uji homogenitas dan uji t pada keterampilan
proses sains dan hasil belajar. Menunjukkan bahwa nilai KPS kelas eksperimen lebih
tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 74 > 59. Peningkatan hasil belajar peserta didik
kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 80,86 > 57,86. Simpulan
dalam penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan sekolah berbasis inkuiri
terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar.
Lingkungan sekolah layak digunakan sebagai media la ngsung untuk memacu
keaktifan peserta didik didukung dengan model inkuiri yang melibatkan peserta didik
dalam kegiatan pembelajaran secara aktif pada materi Dunia Tumbuhan di SMA
Negeri Kabupaten Bireuen.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing, Keterampilan
Proses Sains, Hasil Belajar, Pemanfaatan Lingkungan Sekolah
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN (ERLITA, 2018)
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DIPADU MEDIA ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM INDRA DI MAN BANDA ACEH (JAUHARAH, 2018)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 INDRAPURI ACEH BESAR (Nafisah Hanim, 2015)
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN DI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (febriana wulandari, 2014)
PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN DI SMP NEGERI 2RNKUTAPANJANG KABUPATEN GAYO LUES (Fatmawati, 2023)