PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN


Pengarang

ERLITA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200150012

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dan
hasil belajar peserta didik terhadap penerapan strategi pembelajaran berbasis inkuiri
terbimbing dengan memanfaatkan lingkungan sekolah pada materi dunia tumbuhan
di SMA Negeri Kabupaten Bireuen. Pengumpulan data dilakukan pada bulan
September 2017 sampai Februari 2018. Metode yang digunakan dalam pe nelitian ini
adalah True Experiment dengan desain Pretest Posttest Control Group. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Negeri Kabupaten Bireuen dengan jumlah keseluruhan peserta
didik yang digunakan sebagai sampel penelitian sebanyak 150 peserta didik.
Instrumen yang digunakan adalah angket keterampilan proses sains dan soal
sebanyak 45 butir untuk menilai hasil belajar kognitif peserta didik. Analisis data
menggunakan persentase uji normalitas, uji homogenitas dan uji t pada keterampilan
proses sains dan hasil belajar. Menunjukkan bahwa nilai KPS kelas eksperimen lebih
tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 74 > 59. Peningkatan hasil belajar peserta didik
kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 80,86 > 57,86. Simpulan
dalam penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan sekolah berbasis inkuiri
terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar.
Lingkungan sekolah layak digunakan sebagai media la ngsung untuk memacu
keaktifan peserta didik didukung dengan model inkuiri yang melibatkan peserta didik
dalam kegiatan pembelajaran secara aktif pada materi Dunia Tumbuhan di SMA
Negeri Kabupaten Bireuen.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing, Keterampilan
Proses Sains, Hasil Belajar, Pemanfaatan Lingkungan Sekolah

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK