PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH


Pengarang

Mita Prancinitia - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406101040009

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Prancinitia, Mita. 2018. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Group Investigation dan Problem Based Learning Dalam Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
Drs. Abdul Wahab, M.Si., (2) Daska Azis. S.Pd, MA.
Kata Kunci: perbandingan, hasil belajar, group investigation, problem based learning, geografi
Model pembelajaran adalah suatu perencanaan yang digunakan oleh guru untuk mengorganisasi pembelajaran di kelas. Diantara beberapa model pembelajaran yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Group Investigation dan Problem Based Learning yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran melalui kerjasama, menyampaikan pendapat dan mempresentasikan hasil kerja di kelas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah hasil belajar geografi mengunakan model pembelajaran Group Investigation lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dalam mata pelajaran geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan model pembelajaran Problem Based Learning dalam mata pelajaran geografi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 5 Banda Aceh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Banda Aceh yang berjumlah 69 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, diambil hanya dua Kelas yakni Kelas XI IPS-1 sebanyak 24 siswa dan Kelas XI IPS-2 sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data berupa pemberian test kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji t. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh thitung = -0,65 dan ttabel = 1,68 pada taraf signifikan 0,05% dan dk = 46, artinya thitung < ttabel sehingga Ha ditolak.
Hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation adalah sama dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK