Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENGARUH TASK COMMITMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Pengarang
Fitriana Anwar - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1106103020064
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Anwar, Fitriana. 2018. Pengaruh Task Commitment terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :
(1) Drs. Salasi R, M.Pd., (2) Drs. M. Hasbi, M.Pd
Kata kunci : pengaruh, task commitment, hasil belajar matematika
Kesuksesan siswa dalam mencapai suatu keberhasilan di sekolah tidak hanya ditentukan oleh adanya kemampuan yang bersifat akademik, namun juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti adanya komitmen dalam menyelesaikan sesuatu sehingga menimbulkan rasa tanggung jawab, dan ini tidak hanya bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi orang lain. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan penelitian ini untuk mengetahui (1) apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara task commitment terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 6 Banda Aceh, (2) berapa besar pengaruh positif task commitment terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 6 Banda Aceh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hubungan antara task commitment terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 6 Banda Aceh, (2) untuk mengetahui besar pengaruh task commitment terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 6 Banda Aceh. Dalam penelitian ini, populasi yang diambil adalah seluruh siswa/i kelas VII SMPN 6 Banda Aceh tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah sebanyak 8 kelas, sedangkan yang dijadikan sampel yaitu sebanyak 2 kelas, yaitu VII-1 dan VII-2. Pemilihan sampel dilakukan secara random. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, dan wawancara. Data yang didapatkan diolah menggunakan rumus korelasi product moment dan untuk menetukan signifikansinya menggunakan uji-t. Dari penelitian ini, didapatkan hasil sebagai berikut : (1) terdapat hubungan antara task commitment dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 6 Banda Aceh. Semakin tingginya komitmen siswa pada tugas maka akan semakin meningkat pula hasil belajarnya. (2) pengaruh task commitment terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 6 Banda Aceh tahun pelajaran 2016/2017 yaitu sebesar 71,43%. (3) sebanyak 25,65% siswa kelas VII SMPN 6 Banda Aceh dapat menyeleksi masalah, 27,36% siswa mampu menetapkan tujuan dan 23,30% siswa telah mampu memusatkan perhatian terhadap suatu tujuan. Siswa diharapkan dapat terus meningkatkan komitmennya terhadap tugas sehingga hal ini dapat meningkatkan hasil belajarnya, dan guru dapat memotivasi siswa untuk dapat meningkatkan task commitemnt yang berdampak pada hasil belajar yang baik bagi siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH TASK COMMITMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Magfirah, 2015)
PENGARUH TASK COMMITMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 INGIN JAYA ACEH BESAR (MIRA WULANDARI, 2022)
GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 10 BANDA ACEH (Dewi Arsita, 2020)
HUBUNGAN MULTIPLE INTELLIGENCE DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Aulia Fitri, 2017)
PENGARUH PERILAKU ADAPTIVE HELP-SEEKING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Nurul Rahmi, 2016)