PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP GERAK PADA TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP GERAK PADA TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH


Pengarang

ZULFA FATMA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806103050022

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.335

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci: Media Audio Visual, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Gerak Pada Tumbuhan
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gerak Pada Tumbuhan Di Kelas VIII SMP Negeri 7 Banda Aceh” telah dilaksanakan mulai tanggal 13 Maret sampai tanggal 13 April 2013. Tujuan dalam penelitian ini adalah “Untuk mengetahui pengaruh media audio viusal terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada konsep gerak pada tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 7 Banda Aceh”. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 terdiri dari 30 orang dan siswa kelas VIII-2 yang terdiri dari 30 0rang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan aktivitas siswa berupa lembar obervasi dan tes berupa soal pilihan ganda, yang dilakukan sebelum pembelajaran dimulai (pretes) dan setelah pembelajaran dimulai (postes). Pengolahan data dilakukan dengan rumus persentase, rumus N-gain dan uji-t. Hasil analisa data pretes pada kelas eksperimen dan kontrol terdapat nilai yang tidak signifikans yaitu thitung lebih kecil dari pada ttabel thitung(1,43) < ttabel (1,64) pada ? 0,05. Dan pada postes kelas eksperimen dan kontrol terdapat nilai yang siginifikan yaitu thitung lebih besar dari ttabel thitung (7.20) > ttabel ¬(1,64) pada ? 0,05. Dengan adanya peningkatan hasil belajar pada nilai postes meningkatnya pencapaian hasil siswa tersebut dalam mengikuti pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media audio visual pada konsep gerak pada tumbuhan terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Banda Aceh tahun 2013.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK