Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PEMBELAJARAN MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGEBRA DI KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 14 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013
Pengarang
putri maulidar - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0906103060021
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
516
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci: Software Geogebra, Hasil Belajar, Materi Garis Singgung Lingkaran.
Dalam matematika, materi geometri tidak pernah lepas dari objek-objek
geometri yang bersifat abstrak, sehingga banyak siswa yang masih merasa kesulitan
dalam mempelajarinya. Bila proses pembelajaran yang kurang optimal, dapat
menyebabkan siswa hanya menerima materi dari guru saja, dan membuat siswa
merasa bosan. Oleh karena itu, dalam pembelajaran geometri, dibutuhkan suatu
pendorong yang dapat menumbuhkan motivasi dan minat siswa untuk belajar. Salah
satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan pemanfaatan teknol ogi komputer yang
didalamnya terdapat software-software pembelajaran matematika. Geogebra sebagai
salah satu software matematika, mampu memanipulasi dan menvisualisasikan secara
cepat, akurat, dan efisien objek-objek geometri yang dibuktikan bersifat abstrak
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa
dalam pembelajaran materi garis singgung lingkaran dengan menggunakansoftware
Geogebra. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14
Banda Aceh. Sampel penelitian adalah 24 siswa, yang berasal dari kelas VIII3
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII
2sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen
diajarkan menggunakan software Geogebra sedangkan kelas kontroldiajarkan tanpa
menggunakan software Geogebra. Adapun materi yang diajarkan adalah materi garis
singgung lingkaran. Jenis penelitian ini adalah true experimental design dengan
pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian ini adalah RPP, LKS, pre-test, post-test
dan angket respon siswa. Hasil analisis data diperoleh thit = 2,12 dan ttabel = 1,68 pada
taraf signifikan ?=0,05dan derajat kebebasan (dk) = 24 + 24 –2. Kriteria pengujian
adalah tolak H
0jika t hit>ttabel, dengan peluang (1-?), dan terima H1jika t mempunyai
harga-harga lain. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan software Geogebra lebih baik
daripada hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan software Geogebra
pada materi garis singgung lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 14 Banda Aceh
Tahun Pelajaran 2012/2013.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN (MARDALENA, 2021)
HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CORE PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DI SMPN 1 BANDA ACEH (Rahma Tini, 2020)
PENGEMBANGAN MODUL PERSAMAAN GARIS SINGGUNG KURVA BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK (NURJANNAH, 2018)
PEMEBELAJARAN PROGRAM LINEAR MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN BANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGLI (Ulya Rohaizati, 2017)
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 RANTO PEUREULAK (Safaruddin, 2014)