PEMBELAJARAN MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGEBRA DI KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 14 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PEMBELAJARAN MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGEBRA DI KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 14 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013


Pengarang

putri maulidar - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906103060021

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

516

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci: Software Geogebra, Hasil Belajar, Materi Garis Singgung Lingkaran.
Dalam matematika, materi geometri tidak pernah lepas dari objek-objek
geometri yang bersifat abstrak, sehingga banyak siswa yang masih merasa kesulitan
dalam mempelajarinya. Bila proses pembelajaran yang kurang optimal, dapat
menyebabkan siswa hanya menerima materi dari guru saja, dan membuat siswa
merasa bosan. Oleh karena itu, dalam pembelajaran geometri, dibutuhkan suatu
pendorong yang dapat menumbuhkan motivasi dan minat siswa untuk belajar. Salah
satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan pemanfaatan teknol ogi komputer yang
didalamnya terdapat software-software pembelajaran matematika. Geogebra sebagai
salah satu software matematika, mampu memanipulasi dan menvisualisasikan secara
cepat, akurat, dan efisien objek-objek geometri yang dibuktikan bersifat abstrak
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa
dalam pembelajaran materi garis singgung lingkaran dengan menggunakansoftware
Geogebra. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14
Banda Aceh. Sampel penelitian adalah 24 siswa, yang berasal dari kelas VIII3
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII
2sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen
diajarkan menggunakan software Geogebra sedangkan kelas kontroldiajarkan tanpa
menggunakan software Geogebra. Adapun materi yang diajarkan adalah materi garis
singgung lingkaran. Jenis penelitian ini adalah true experimental design dengan
pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian ini adalah RPP, LKS, pre-test, post-test
dan angket respon siswa. Hasil analisis data diperoleh thit = 2,12 dan ttabel = 1,68 pada
taraf signifikan ?=0,05dan derajat kebebasan (dk) = 24 + 24 –2. Kriteria pengujian
adalah tolak H
0jika t hit>ttabel, dengan peluang (1-?), dan terima H1jika t mempunyai
harga-harga lain. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan software Geogebra lebih baik
daripada hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan software Geogebra
pada materi garis singgung lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 14 Banda Aceh
Tahun Pelajaran 2012/2013.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK