Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA MATERI FUNGSI ALJABAR DI KELAS VIII MTS NEGERI TUNGKOB ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Pengarang
Ismatul Hasni - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0906103020055
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
512.74
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci: Kesalahan konsep, kesalahan prinsip, fungsi aljabar
Fungsi aljabar adalah salah satu materi yang diajarkan kepada siswa SMP kelas VIII semester 1. Kenyataan di lapangan, masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal fungsi aljabar. Mengingat hal tersebut, maka penulis melakukan penelitian dengan judul “Analisis Kesalahan Siswa Pada Materi Fungsi Aljabar di Kelas VIII MTs Negeri Tungkob Aceh Besar Tahun Pelajaran 20012/2013”. Rumusan masalahnya adalah kesalahan apakah yang dilakukan siswa kelas VIII MTsN Tungkob dalam menyelesaikan soal-soal fungsi aljabar dan apakah penyebab terjadinya kesalahan siswa kelas VIII MTsN Tungkob dalam menyelesaikan soal-soal fungsi aljabar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis kesalahan yang dilakukan siswa, dan untuk mengidentifikasi penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII MTsN Tungkob Aceh Besar. Jenis penelitian ini berbentuk deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tes diberikan kepada 22 orang siswa, yaitu siswa kelas VIII3 MTsN Tungkob Aceh Besar yang ditentukan sebagai subjek dalam penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan cara melakukan penelitian langsung ke lokasi dengan tujuan memperoleh data yang objektif, peneliti menggunakan instrument penelitian berupa tes dan wawancara. Wawancara dilakukan kepada 6 orang siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal fungsi aljabar. Wawancara dilakukan secara perorangan agar diketahui jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa. Data dalam penelitian ini berupa jawaban tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII3 MTsN Tungkob Aceh Besar mengalami kesalahan konsep, dan kesalahan prinsip. Sedangkan yang menjadi faktor penyebab kesalahan siswa adalah materi yang sulit dipahami, kemampuan siswa yang rendah, kurangnya latihan dalam mengerjakan soal fungsi aljabar.
Tidak Tersedia Deskripsi
DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII MTSN 2 ACEH BESAR MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR (ELVIRA IRAYANA, 2024)
KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Badratun Nafis, 2014)
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI OPERASI ALJABAR PADA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (Rizky Fithriyani, 2019)
HASIL BELAJAR DAN KESULITAN SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Irwitadia Hasibuan, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK PADA MATERI BANGUN RUANG DI MTSN TUNGKOB ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Liya Rinjani Arsa, S.Pd, 2014)