Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GRAFIK FUNGSI MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH DI SMA
Pengarang
MUHAMMAD RIDHA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1509200160003
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Muhammad Ridha (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Grafik Fungsi melalui Problem Based Learning Berbantuan Autograph di SMA.
Perangkat pembelajaran merupakan salah satu faktor pendukung kesuksesan dalam proses belajar mengajar. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa perangkat yang digunakan guru hanya itu-itu saja. Maka oleh karena itu diperlukan suatu pengembangan perangkat yang bertujuan untuk memudahkan guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan autograph di SMA yang valid, praktis, dan efektif. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Plomp, yaitu (1) tahap preliminary research meliputi analisis kurikulum, analissis siswa, dan analisis materi pelajaran, (2) prototyping phase meliputi desain pendekatan pemeblajaran, dasain bahan ajar, validasi dan uji coba terbatas, dan (3) assessment phase meliputi uji coba lapangan untuk menguji kepraktisan dan keefektifan. Penilaian kualitas bahan ajar yang dikembangkan ini berpodoman pada Nieveen. Ada tiga aspek yang dinilai yaitu aspek valid (validity), aspek kepraktisan (practicality), dan aspek keefektifan (effectiveness). Produk yang dihasilkan dari penelitian pengembangan ini adalah buku panduan autograph, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), dan Tugas Peserta Didik (TPD). Hasil yang diperoleh yaitu bahan ajar grafik fungsi trigonometri yang telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Dengan demikian bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning, Autograph
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FUNGSI EKSPONENSIAL DAN LOGARITMA DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (MAILIS TRIANA, 2021)
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DI SMA NEGERI 1 LHOKNGAPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DI SMA NEGERI 1 LHOKNGA (Ticaya, 2019)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (LIZA RAHMAH, 2018)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FUNGSI KUADRAT MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DENGAN GAME ANGRY BIRDS (Iwannitona, 2017)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN CABRI 3D (Nurul Asma, 2017)