PENERAPAN METODE SIMULASI PADA MATERI GEMPA BUMI DAN TSUNAMI UNTUK KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 15 KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENERAPAN METODE SIMULASI PADA MATERI GEMPA BUMI DAN TSUNAMI UNTUK KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 15 KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Misrayana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1209200140034

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Ilmu Kebencanaan (S2) / PDDIKTI : 61104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

364.34

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Bencana gempa bumi merupakan bencana yang tidak dapat dicegah, terjadi secara tiba-tiba dan mengejutkan. Gempa bumi tidak membunuh, namun dampak dari gempa bumi itulah terjadinya risiko. Maka oleh karena itu, simulasi salah satu proses untuk meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi ancaman bencana gempa bumi berpotensi tsunami. Penelitian ini, peneliti menggunakan metode Pre-Eksperimental yang merupakan pendekatan dari eksperimen sesungguhnya, di mana masih terdapat variabel-variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel dependen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain One Group Pretest-Posttest. Desain ini hanya menggunakan satu kelompok saja, sehingga tidak memerlukan kelompok kontrol. Lokasi penelitian ini adalah di laksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 15 Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 15 kota Banda Aceh. Sampel diambil berdasarkan wawancara dan rekomendasi dari kepala sekolah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus ternormalisasi rata-rata. Hipotesis yang akan diuji adalah peningkatan pengetahuan kesiapsiagaan siswa terhadap bencana gempa bumi berpotensi tsunami melalui simulasi lebih baik dari pada tidak dilakukan simulasi. Hasil uji hipotesis bahwa HA diterima dan tidak dapat menerima Ho. Jadi dapat disimpulkan simulasi gempa bumi berpotensi tsunami memilki pengaruh yang signifikan terhadap kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi berpotensi tsunami.

Kata kunci : pengetahuan kesiapsiagaan, simulasi gempa bumi berpotensi tsunami.





Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK