Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENERAPAN METODE SIMULASI PADA MATERI GEMPA BUMI DAN TSUNAMI UNTUK KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 15 KOTA BANDA ACEH
Pengarang
Misrayana - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1209200140034
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Ilmu Kebencanaan (S2) / PDDIKTI : 61104
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala., 2017
Bahasa
Indonesia
No Classification
364.34
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Bencana gempa bumi merupakan bencana yang tidak dapat dicegah, terjadi secara tiba-tiba dan mengejutkan. Gempa bumi tidak membunuh, namun dampak dari gempa bumi itulah terjadinya risiko. Maka oleh karena itu, simulasi salah satu proses untuk meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi ancaman bencana gempa bumi berpotensi tsunami. Penelitian ini, peneliti menggunakan metode Pre-Eksperimental yang merupakan pendekatan dari eksperimen sesungguhnya, di mana masih terdapat variabel-variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel dependen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain One Group Pretest-Posttest. Desain ini hanya menggunakan satu kelompok saja, sehingga tidak memerlukan kelompok kontrol. Lokasi penelitian ini adalah di laksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 15 Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 15 kota Banda Aceh. Sampel diambil berdasarkan wawancara dan rekomendasi dari kepala sekolah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus ternormalisasi rata-rata. Hipotesis yang akan diuji adalah peningkatan pengetahuan kesiapsiagaan siswa terhadap bencana gempa bumi berpotensi tsunami melalui simulasi lebih baik dari pada tidak dilakukan simulasi. Hasil uji hipotesis bahwa HA diterima dan tidak dapat menerima Ho. Jadi dapat disimpulkan simulasi gempa bumi berpotensi tsunami memilki pengaruh yang signifikan terhadap kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi berpotensi tsunami.
Kata kunci : pengetahuan kesiapsiagaan, simulasi gempa bumi berpotensi tsunami.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERAN GURU GEOGRAFI DALAM MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI SISWA SMA DI KOTA BANDA ACEH (SIGNORINA KASVIA, 2019)
PENGARUH METODE SIMULASI PENGURANGAN RISIKO BENCANA TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI ANCAMAN BENCANA GEMPA BUMI DI SD ULEE PAYA PULO BREUH RNACEH BESAR (POCUT ZAIRIANA FINZIA, 2015)
PENGARUH PENGINTEGRASIAN MATERI KEBENCANAAN KEDALAM KURIKULUM TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH DI BANDA ACEH (Sabri, 2014)
PENGARUH PENERAPAN METODE SIMULASI SCHOOL WATCHING TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KESIAPSIAGAAN SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI RNBENCANA GEMPA BUMI (HUSNUL KHATIMAH, 2015)
PEMBELAJARAN GEOMETRI PADA MATERI BANGUN RUANG MELALUI PENERAPAN TEORI VYGOTSKY DI KELAS IV
SEKOLAH DASAR NEGERI 29 BANDA ACEH
MELALUI PENERAPAN TEORI VYGOTSKY DI KELAS IV
SEKOLAH DASAR NEGERI 29 BANDA ACEH
MELALUI PENERAPAN TEORI VYGOTSKY DI KELAS IV MELALUI PENERAPAN TEORI VYGOTSKY DI KELAS IV
SEKOLAH DASAR NEGERI 29 BANDA ACEH
SEKOLAH DASAR NEGERI 29 BANDA ACEH (Nila Sari, 2013)