Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
ANALISIS KENAIKAN TARIF PELABUHAN PADA JASA PENUMPUKAN PETI KEMAS MENGGUNAKAN MODEL REGRESI LOGISTIK (STUDI KASUS: PT PELINDO I CABANG MALAHAYATI)
Pengarang
NURUL AISYAH LUBIS - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1404106010060
Fakultas & Prodi
Fakultas Teknik / Teknik Industri (S1) / PDDIKTI : 26201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
PT. Pelindo I Cabang Malahayati merupakan satu-satunya pelabuhan tempat bersandarnya kapal peti kemas di Aceh dan sudah beroperasi selama lebih dari 1 tahun. Permasalahan yang terjadi adalah banyaknya penumpukan peti kemas dengan waktu yang lama di lapangan penumpukan yang akan mengakibatkan kerugian. Kerugian yang terjadi akibat lamanya penumpukan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu yard of ratio dan lamanya waktu peti kemas yang ditinjau berdasarkan banyaknya jumlah peti kemas pada lapangan penumpukan. Proses pembayaran penggunaan jasa lima hari pertama, tarif penumpukan peti kemas ditanggung oleh PT Pelayaran Tempuran Emas (TEMAS). Setelah lebih dari lima hari, pelanggan akan dikenakan tarif penumpukan peti kemas yang dihitung per box tanpa ada pertimbangan waktu. Hal ini menyebabkan pelanggan tidak mengambil barang dengan segera, sehinga perlu dilakukan penelitian mengenai analisis kenaikan tarif pelabuhan di PT Pelindo I Cabang Malahayati menggunakan model regresi logistik sebagai dasar pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil prediksi model regresi logistik menggunakan software R3.4.3, terdapat biaya rugi di lapangan penumpukan sehingga, perlu diambilnya keputusan adanya penerapan kenaikan tarif pelabuhan pada jasa penumpukan peti kemas. Berdasarkan hasil prediksi tersebut, model yang dihasilkan merupakan model yang baik dengan akurasi sebesar 74,8%. Adapun faktor yang mempengaruhi munculnya biaya rugi adalah lamanya waktu peti kemas pada lapangan penumpukan masa II dan masa III.
Kata Kunci: Pelabuhan, Peti Kemas, Penumpukan , Model Regresi Logistik, Ada
atau Tidak Adanya Biaya Rugi, Tarif Pelabuhan.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERANCANGAN TATA LETAK LAPANGAN PENYIMPANAN PETI KEMAS MENGGUNAKAN INTEGER LINEAR PROGRAMMING (STUDI KASUS : PT. PELABUHAN INDONESIA I (PERSERO) CABANG MALAHAYATI) (Chientya Teguh Nalaswati, 2019)
ANALISIS AKTIVITAS PELABUHAN MALAHAYATI BERBASIS PROGRAM TOL LAUT DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SYSTEMS THINKING (Novira Sukmarita, 2019)
ANALISIS POLA ALIRAN PROSES BONGKAR MUAT PETI KEMAS PADA PT. PELINDO I WILAYAH ACEH (SYARIF HIDAYATULLAH, 2022)
EVALUASI KINERJA PELABUHAN MALAHAYATI DALAM MENDUKUNG PROGRAM TOL LAUT INDONESIA (Taharuddin, 2018)
PENENTUAN INDEKS KINERJA LOGISTIK PADA KEDATANGAN KAPAL PETI KEMAS (STUDI KASUS: PELINDO I CABANG MALAHAYATI KRUENG RAYA ACEH BESAR) (Regita Ramadani, 2017)