PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK MELALUI PENGGUNAAN KARTU BILANGAN DI PAUD MADANI GAMPONG ATEUK JAWO KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK MELALUI PENGGUNAAN KARTU BILANGAN DI PAUD MADANI GAMPONG ATEUK JAWO KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH


Pengarang

Riska Maulina - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206104210026

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / PG PAUD (S1) / PDDIKTI : 86207

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Maulina, Riska. 2017. Pengembangan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak melalui penggunaan Kartu Bilangan di PAUD Madani Gampong Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

1) Prof. Dr. M. Yusuf Aziz, M. Pd. 2) Dra. Yuhasriati, M. Pd.

Kata kunci: berpikir simbolik, kartu bilangan

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan kemampuan berpikir simbolik anak melalui penggunaan kartu bilangan di PAUD Madani Gampong Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan kemampuan berpikir simbolik anak dengan penggunaan kartu bilangan pada PAUD Madani Gampong Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini berusia 5-6 tahun kelompok TK berjumlah 8 orang anak yang terdiri atas 3 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan diolah menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pengembangan kemampuan berpikir simbolik anak kelas TK di PAUD Madani melalui penggunaan kartu bilangan. Hal ini dapat dilihat pada siklus 1 anak dapat menyebutkan lambang bilangan 1-10, menggunakan lambang bilangan untuk menghitung, dan dapat mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan tanpa bantuan dari peneliti adalah sebanyak 5 orang anak atau 62,5% yang mendapat bintang 3 dan bintang 4. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 7 orang anak atau 87,5% yang mendapat bintang 3 dan bintang 4 dapat menyebutkan lambang bilangan 1-10, menggunakan lambang bilangan untuk menghitung, dan dapat mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan tanpa bantuan dari peneliti. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa melalui penggunaan kartu bilangan, dapat mengembangkan kemampuan berpikir simbolik anak di PAUD Madani Gampong Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh.
?
ABSTRACT

Maulina, Riska. 2017. The Development of the Symbolic Thinking Capability of Children through the use of Number Cards in PAUD Madani Gampong Ateuk Jawo Baiturrahman District Banda Aceh. Thesis, Teacher Education Study Program of Early Childhood Education, Faculty of Teacher Training and Education, Syiah Kuala University. Supervisors:

1) Prof. Dr. M. Yusuf Aziz, M.Pd. 2) Dra. Yuhasriati, M.Pd.

Keywords: symbolic thinking, number cards

This study aimed to develop the symbolic thinking capability of children through the use of number cards in PAUD Madani Gampong Ateuk Jawo Baiturrahman District Banda Aceh. The research problem in this study was to see how to develop the symbolic thinking capability of children with the use of number cards in PAUD Madani Gampong Ateuk Jawo Baiturrahman District Banda Aceh. This research was a classroom action research (CAR). Each cycle was done by planning, implementation, and observation and reflection stage. Subjects in this study were early child aged 5-6 years in kindergarten group amounted to 8 children consisted of 3 boys and 5 girls. The data were collected through observation. The collected data were analyzed descriptively and processed by using percentage formula. The results showed that there were some developments of the symbolic thinking capability of kindergarten children in PAUD Madani through the use of number cards. It could be seen in cycle 1 that the children could mention the number symbol from 1-10, using the number symbol to calculate, and could match the number with the number symbol without the help of the researcher were 5 children or 62.5% who got 3 stars and 4 stars. In the second cycle there was an increase to 7 children or 87.5% who got 3 stars and 4 stars who could mention the number symbols from 1-10, using the number symbol to calculate, and could match the numbers with the number symbols without the help of the researcher. So the conclusion of this study showed that through the use of number cards, it could develop the children’s capability to think symbolically in early childhood Madani Gampong Ateuk Jawo Baiturrahman District Banda Aceh.



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK