PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI KELAS IV SD NEGERI 36 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI KELAS IV SD NEGERI 36 BANDA ACEH


Pengarang

Novia Faradilla - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806104090030

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, aktivitas
ekonomi dan sumber daya alam, prestasi belajar

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture pada Materi Aktivitas Ekonomi dan Sumber Daya Alam Terhadap Prestasi Belajar di Kelas IV SD Negeri 36 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 36 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 36 Banda Aceh. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Negeri 36 Banda Aceh yang berjumlah 180 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 36 Banda Aceh yang berjumlah 30 siswa. Adapun penentuan sampel dalam penelitian ini dengan sampling purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian thitumg > ttabel, yaitu 4,51 > 1,70. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 36 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK