Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DIPADU MEDIA ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM INDRA DI MAN BANDA ACEH
Pengarang
JAUHARAH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1509200150026
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Jauharah. 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided
Inquiry) Dipadu Media Animasi Interaktif Terhadap Peningkatan Hasil Belajar
dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Sistem Indra di MAN Banda
Aceh
Pembimbing I Dr. Muhibbuddin, M.S., Pembimbing II Dr. Khairil, M.Si.
ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian tentang penerapan strategi pembelajaran inkuiri
terbimbing dipadu media animasi interaktif terhadap peningkatan hasil belajar dan
keterampilan proses sains siswa pada materi sistem indra di MAN Banda Aceh.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi
pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu media animasi interaktif terhadap
peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi sistem
indra. Pengambilan data dilakukan pada bulan November 2016 sampai Mei 2017.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan
rancangan pretest – posttest design dengan sampel 188 siswa pada MAN 1, MAN
2 dan MAN 3 Banda Aceh. Instrumen yang digunakan adalah tes diagnostik yang
berbentuk soal pilihan ganda dalam bentuk pretest-postest untuk menilai hasil
belajar siswa dan angket keterampilan proses sains untuk melihat tingkat
keterampilan proses sains siswa. Analisis data menggunakan rumus persentase
dan dilanjutkan dengan uji t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil uji t menunjukkan
bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu media animasi
interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan proses sains
siswa pada MAN Banda Aceh.
Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, Animasi Interaktif, Hasil Belajar, Keterampilan
Proses Sains.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 INDRAPURI ACEH BESAR (Nafisah Hanim, 2015)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMAN 1 MEURAH MULIA DAN SMAN 1 TANAH PASIR ACEH UTARA (Salfina, 2022)
AKTIVITAS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DI KELAS X IPA 1 MAN DARUSSALAM (Nuriyanti, 2017)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (RAHMANI, 2015)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Nela Yuliana, 2016)