Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPARN MATERI ALAT PENCERNAAN PADA MANUSIA RNDI KELAS V SDN 33 BANDA ACEH
Pengarang
Iwan saputra - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0806104040125
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci: Media Gambar, Alat pencernaan pada manusia, Ketuntasan belajar
Penelitian ini berjudul “penggunaan media gambar pada pembelajaran IPA materi alat pencernaan pada manusia di kelas V SDN 33 Banda Aceh” telah dilakukan pada tanggal 7-9 September 2013. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media gambar dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran IPA materi alat pencernaan pada manusia di kelas V SDN 33 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dengan penggunaan media gambar pada pembelajaran IPA materi alat pencernaan pada manusia di kelas V SDN 33 Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 33 Banda Aceh sebanyak 27 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan media gambar dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Pada pretest ini hanya ada 3 orang (11,11%) yang tuntas belajarnya dan 24 orang (88,88%) siswa tidak tuntas belajarnya dengan nilai rata-rata 45,5. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 80 dan nilai terendah adalah 20. Pada postest ini siswa yang tuntas belajarnya mencapai 24 orang (88,88%) dan siswa yang tidak tuntas belajarnya hanya 3 orang (11,11%). Nilai rata-rata yang diperoleh mencapai 74,44, nilai tertinggi yang dicapai siswa adalah 90 dan nilai terendah 60. Berdasarkan perhitungan uji-t, diperoleh harga thitung = 8,77 sedangkan harga ttabel pada taraf nyata = 0,05 = 1,70. Berdasarkan hasil analisis tersebut, terlihat bahwa harga thitung lebih besar dari pada ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap ketuntasan belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas V SD Negeri 33 Banda Aceh.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPARN MATERI ALAT PENCERNAAN PADA MANUSIA RNDI KELAS V SDN 33 BANDA ACEH (Iwan saputra, 2014)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERANGKA MANUSIA MELALUI MEDIA KERANGKA MANUSIA DAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IV SDN LAMPEUNEURUT RNACEH BESAR (HUMAIRA, 2014)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FENOMENA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 1 BANDA ACEH (ARIS MADHUHA, 2014)
PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI PANCA INDERA MANUSIA DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SD NEGERI 5 BANDA ACEH (JASWANTO, 2014)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SALINDIA INTERAKTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH. (HILYA SAPUTRI, 2025)