PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPARN MATERI ALAT PENCERNAAN PADA MANUSIA RNDI KELAS V SDN 33 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPARN MATERI ALAT PENCERNAAN PADA MANUSIA RNDI KELAS V SDN 33 BANDA ACEH


Pengarang

Iwan saputra - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806104040125

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci: Media Gambar, Alat pencernaan pada manusia, Ketuntasan belajar
Penelitian ini berjudul “penggunaan media gambar pada pembelajaran IPA materi alat pencernaan pada manusia di kelas V SDN 33 Banda Aceh” telah dilakukan pada tanggal 7-9 September 2013. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media gambar dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran IPA materi alat pencernaan pada manusia di kelas V SDN 33 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dengan penggunaan media gambar pada pembelajaran IPA materi alat pencernaan pada manusia di kelas V SDN 33 Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 33 Banda Aceh sebanyak 27 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan media gambar dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Pada pretest ini hanya ada 3 orang (11,11%) yang tuntas belajarnya dan 24 orang (88,88%) siswa tidak tuntas belajarnya dengan nilai rata-rata 45,5. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 80 dan nilai terendah adalah 20. Pada postest ini siswa yang tuntas belajarnya mencapai 24 orang (88,88%) dan siswa yang tidak tuntas belajarnya hanya 3 orang (11,11%). Nilai rata-rata yang diperoleh mencapai 74,44, nilai tertinggi yang dicapai siswa adalah 90 dan nilai terendah 60. Berdasarkan perhitungan uji-t, diperoleh harga thitung = 8,77 sedangkan harga ttabel pada taraf nyata = 0,05 = 1,70. Berdasarkan hasil analisis tersebut, terlihat bahwa harga thitung lebih besar dari pada ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap ketuntasan belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas V SD Negeri 33 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK