Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
MEKANISME PELAYANAN DAN PENERTIBAN PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH
Pengarang
Nasruddin - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1210102010133
Fakultas & Prodi
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penelitian ini berjudul “Mekanisme Pelayanan dan Penertiban Pasien BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh”. Tujuan dari penelitian yang akan dilaksanakan adalah untuk mengetahui bagaimana mekanisme pelayanan dan penertiban pasien BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. BPJS sebagai penyelenggara jaminan sosial berkewajiban memberikan sarana pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang bermutu. Sistem pelayanan rujukan berjenjang menjadi tantangan yang kerap dihadapi oleh pasien BPJS Kesehatan di rumah sakit yang mengakibatkan kualitas pelayanan BPJS Kesehatan kurang maksimal sehingga diperlukan penertiban pasien BPJS Kesehatan yang menggunakan fasilitas kesehatan di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, yaitu percakapan langsung dan tatap muka (face to face). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme pelayanan pasien BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh dapat dikatakan sudah cukup baik, terlihat dari proses pelayanan yang tidak berbelit-belit dan mudah dipahami oleh setiap pasien BPJS Kesehatan yang berkunjung ke rumah sakit. Mekanisme penertiban pasien BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh pasien BPJS Kesehatan diharuskan melakukan dua kali pendaftaran di loket verifikasi BPJS Kesehatan, yaitu pendaftaran di loket verifikasi BPJS Kesehatan dan pendaftaran di loket umum rumah sakit. Dalam dua loket tersebut, pasien BPJS Kesehatan harus menunggu antrian yang membutuhkan waktu cukup lama, mengingat banyaknya pasien BPJS Kesehatan dan terbatasnya waktu pelayanan pendaftaran yang hanya sampai jam 10.00 WIB di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh, maka pihak rumah sakit mengarahkan pasien ke pelayanan Unit Gawat Darurat dengan status pasien umum.
Kata Kunci: Pelayanan, Penertiban, Pasien BPJS
Tidak Tersedia Deskripsi
GAMBARAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN PADA PASIEN YANG PERNAH MENGGUNAKAN BPJS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (NUNING NATASYA, 2020)
TINGKAT KINERJA PERAWAT DAN KEPUASAN PASIEN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI RUANG RAWAT INAP RSUD MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Maulia Midari, 2022)
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN APOTEK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN DAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (Keumalasari, 2023)
TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON-BPJS TERHADAP PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM TEUNGKU PEUKAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Zukhra Sanjaya, 2024)
PERBANDINGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA DAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK TAHUN 2013 (Fauzan Safwandi, 2013)