Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PERBEDAAN MINAT BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL, AUDIO DAN AUDIOVISUAL DI SMP N 2 SEULIMEUM
Pengarang
Agusliana - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1406103030015
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Agusliana. 2018. Perbedaan Minat Belajar IPA Siswa Menggunakan Media Visual,
Audio dan Audiovisual di SMP N 2 Seulimeum Skripsi, Jurusan Pendidikan
Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:
(1)Drs. Mustafa M.Pd.,Ph. D., (2) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd
Kata Kunci: Minat Belajar, Media Visual, Media Audio, Media Audiovisual
Minat belajar merupakan suatu hal yang sangat diperlukan dalam belajar. Salah satu
faktor yang mempengaruhi minat belajar adalah media pembelajaran. Media dalam
pembelajaran dikelompokkan menjadi tiga yaitu media visual, Audio dan
Audiovisual. Beberapa dari guru pada saat ini masih tidak menggunakan media
pembelajaran disekolah walupun medianya tersedia, sehingga hal ini berakibat pada
minat belajar siswa yang rendah karena merasa bosan saat belajar. Berdasarkan
ketersediaan media peneliti ingin melihat ada atau tidak perbebedaan minat belajar
IPA siswa yang diajarkan dengan media tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk
megetahui ada atau tidak perbedaan minat belajar IPA siswa dengan menggunakan
media visual, audio dan audiovisual. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat
perbedaan minat belajar IPA siswa dengan media visual, audio dan audiovisual.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.
Pengumpulan data mengunakan angket yang berisi pertanyaan mengenai minat
belajar kemudian disebar dan diisi oleh siswa. Pengolahan data mengunakan analisis
statistik uji Anova . Untuk hasil pengolahan data, didapat Fhitung yaitu 7,6 dan
diperoleh Ftabel yaitu 3,07 pada taraf signifikan 5% dan dk=63, sehingga Fhitung >
Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa nilai F tersebut signifikan. Dengan kriteria
pengujian tolak H0 yaitu terdapat perbedaan minat belajar pada kelas visual, audio
dan Audiovisual.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGARANG CERPEN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDIT AL-FITYAN SCHOOL ACEH (JULIYANTI, 2015)
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA PADA MATERI VERTEBRATA DI KELAS X MAN DARUSSALAM, ACEH BESAR (Slamet Khalid Huda Pase, 2016)
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA KONKRIT PADA MATERI SIFAT CAHAYA DI KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH (FAJAR AKMAL, 2014)
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Devi Susandi, 2018)
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH (Santi hartina, 2014)