Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Pengarang
LIZA RAHMAH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1509200160004
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Liza Rahmah. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Trigonometri melalui ELPSA Framework Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa.
Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dibekalkan kepada siswa dalam pendidikan di Indonesia. Salah satu materi yang memerlukan kemampuan komunikasi adalah trigonometri, khususnya dalam memvisualisasi grafik fungsi trigonometri. Pembelajaran yang tidak mengarahkan siswa dalam mengkonstruk ide-ide yang dimiliki menyebabkan terhambatnya komunikasi dalam menginterpretasikan kesimpulan tentang karakteristik dari grafik fungsi trigonometri. Pembelajaran melalui ELPSA framework berbantuan GeoGebra dapat meningkatkan komunikasi siswa dalam pembelajaran trigonometri. Belum tersedianya perangkat pembelajaran melalui ELPSA framework dan berbantuan GeoGebra membuat guru tidak bisa melaksanakan pembelajaran seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran trigonometri melalui ELPSA framework berbantuan GeoGebra yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Plomp yang meliputi tahap preliminary research (investigasi awal), prototyping phase (perancangan/pembuatan prototipe), dan assesment phase (penilaian). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu buku panduan, RPP, LKPD dan TKM. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan perangkat pembelajaran trigonometri melalui ELPSA framework berbantuan GeoGebra diterapkan pada materi grafik fungsi trigonometri dengan pembelajaran yang dirancang menuntut siswa mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran trigonometri melalui ELPSA framework berbantuan GeoGebra yang terdiri dari buku panduan, RPP, LKPD dan TKM memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa.
Kata kunci: perangkat pembelajaran, trigonometri, ELPSA framework, GeoGebra, komunikasi matematis.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA (Fajriati, 2017)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FUNGSI EKSPONENSIAL DAN LOGARITMA DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (MAILIS TRIANA, 2021)
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI ELPSA FRAMEWORK (Dessy Amalia, 2017)
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMA (YUVERNI SELVY, 2018)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRAL MELALUI ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN SOFTWARE MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMA (Siti Hajar, 2017)