PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA


Pengarang

LIZA RAHMAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1509200160004

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Liza Rahmah. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Trigonometri melalui ELPSA Framework Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa.
Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dibekalkan kepada siswa dalam pendidikan di Indonesia. Salah satu materi yang memerlukan kemampuan komunikasi adalah trigonometri, khususnya dalam memvisualisasi grafik fungsi trigonometri. Pembelajaran yang tidak mengarahkan siswa dalam mengkonstruk ide-ide yang dimiliki menyebabkan terhambatnya komunikasi dalam menginterpretasikan kesimpulan tentang karakteristik dari grafik fungsi trigonometri. Pembelajaran melalui ELPSA framework berbantuan GeoGebra dapat meningkatkan komunikasi siswa dalam pembelajaran trigonometri. Belum tersedianya perangkat pembelajaran melalui ELPSA framework dan berbantuan GeoGebra membuat guru tidak bisa melaksanakan pembelajaran seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran trigonometri melalui ELPSA framework berbantuan GeoGebra yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Plomp yang meliputi tahap preliminary research (investigasi awal), prototyping phase (perancangan/pembuatan prototipe), dan assesment phase (penilaian). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu buku panduan, RPP, LKPD dan TKM. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan perangkat pembelajaran trigonometri melalui ELPSA framework berbantuan GeoGebra diterapkan pada materi grafik fungsi trigonometri dengan pembelajaran yang dirancang menuntut siswa mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran trigonometri melalui ELPSA framework berbantuan GeoGebra yang terdiri dari buku panduan, RPP, LKPD dan TKM memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: perangkat pembelajaran, trigonometri, ELPSA framework, GeoGebra, komunikasi matematis.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK