PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN PETA KONSEP | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN PETA KONSEP


Pengarang

Mauliana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1409200160011

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Mauliana (2018). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Peta konsep.

Pembelajaran matematika yang melibatkan siswa secara aktif dalam menyelesaikan masalah kontekstual dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa. Akan tetapi, kenyataan di lapangan menunjukkan kurangnya keterlibatan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada pembelajaran matematika sehingga berakibat kepada rendahnya kemampuan koneksi matematis dan kurangnya motivasi siswa dalam belajar matematika. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan motivasi siswa adalah pendekatan CTL. CTL merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang mengaitkan materi ajar dengan kehidupan nyata siswa, sehingga siswa dapat mengaplikasikan pembelajaran dalam kehidupannya. Pembelajaran juga lebih bermakna ketika siswa mampu menghubungkan konsep baru dengan konsep-konsep yang ada dalam struktur kognitifnya, sehingga dibutuhkan bantuan peta konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis dan motivasi siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pretes-Postes Control Group Design. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan koneksi matematis siswa dan angket motivasi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 4 Banda Aceh, sedangkan sampel yang dipilih adalah dua kelas yaitu kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis dan motivasi siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan peta konsep lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Kemampuan koneksi matematis, motivasi siswa, pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), dan peta konsep.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK