PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBATUAN SOFTWARE GEOGEBRA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBATUAN SOFTWARE GEOGEBRA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA


Pengarang

Tuti Asmiati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1309200160018

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Tuti Asmiati (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra di Sekolah Menengah Pertama


Pembelajaran berbasis pemecahan masalah yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan berbagai strategi dengan bantuan teknologi informasi sangat ditekankan dalam Kurikulum 2013.Pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbantuan Software geogebra dapat digunakan guru dalam pembelajaran serta memenuhi syarat kurikulum 2013.Namun, belum tersedianya perangkat pembelajaran PBL berbantuan Software geogebra untuk materi SPLDV menyebabkan guru belum melaksanakan pembelajaran seperti yang diharapkan.Maka perlu dikembangkan sebuah perangkat pembelajaran PBL berbantuan Software Geogebra untuk materi SPLDV. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Geogebra yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan(Research and Development) yang menggunakan model pengembangan Plomp (2013) yang terdiri atas tiga fase, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase rancangan, dan (3) fase penilaian. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Model Banda Aceh. Data pada penelitian ini adalah hasil validasi oleh validator dan hasil uji coba. Berdasarkan uji validitas oleh ahli diperoleh rerata total untuk RPP dan materi ajar 3,8, rerata total untuk LKPD 3,77, dan rerata total tes hasil belajar 3,7. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba, kriteria kepraktisan terpenuhi berdasarkan hasil penilaian pengamat terhadap keterlaksanaan pembelajaran memiliki kategori praktis dan rata-rata aktivitas siswa menunjukkan kriteria sangat praktis. Kriteria kefektifan terpenuhi berdasarkan nilai hasil kerja kelompok` pada LKPD, dan nilai tes hasil belajar siswa berada di atas KKM serta respon siswa yang berada pada kategori baik. Berdasarkan hal tersebut, maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis dan efektif.

Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Sistem persamaan linear dua variabel,
Software geogebra





Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK