Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBATUAN SOFTWARE GEOGEBRA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Pengarang
Tuti Asmiati - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1309200160018
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2017
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Tuti Asmiati (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra di Sekolah Menengah Pertama
Pembelajaran berbasis pemecahan masalah yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan berbagai strategi dengan bantuan teknologi informasi sangat ditekankan dalam Kurikulum 2013.Pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbantuan Software geogebra dapat digunakan guru dalam pembelajaran serta memenuhi syarat kurikulum 2013.Namun, belum tersedianya perangkat pembelajaran PBL berbantuan Software geogebra untuk materi SPLDV menyebabkan guru belum melaksanakan pembelajaran seperti yang diharapkan.Maka perlu dikembangkan sebuah perangkat pembelajaran PBL berbantuan Software Geogebra untuk materi SPLDV. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Geogebra yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan(Research and Development) yang menggunakan model pengembangan Plomp (2013) yang terdiri atas tiga fase, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase rancangan, dan (3) fase penilaian. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Model Banda Aceh. Data pada penelitian ini adalah hasil validasi oleh validator dan hasil uji coba. Berdasarkan uji validitas oleh ahli diperoleh rerata total untuk RPP dan materi ajar 3,8, rerata total untuk LKPD 3,77, dan rerata total tes hasil belajar 3,7. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba, kriteria kepraktisan terpenuhi berdasarkan hasil penilaian pengamat terhadap keterlaksanaan pembelajaran memiliki kategori praktis dan rata-rata aktivitas siswa menunjukkan kriteria sangat praktis. Kriteria kefektifan terpenuhi berdasarkan nilai hasil kerja kelompok` pada LKPD, dan nilai tes hasil belajar siswa berada di atas KKM serta respon siswa yang berada pada kategori baik. Berdasarkan hal tersebut, maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis dan efektif.
Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Sistem persamaan linear dua variabel,
Software geogebra
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN GEOGEBRA 3D PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI VOLUME BENDA PUTAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Faidiar Mita Sari, 2022)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PBL BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA (Yuswan, 2020)
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMA (YUVERNI SELVY, 2018)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP (Nuri Hafiza, 2021)
INVESTIGATING STUDENTS’ MOTIVATION AND PROBLEMS TOWARD THE USE OF ZOOM PLATFORM IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH PROCESS DURING COVID-19 PANDEMIC (Zuhratul Aini, 2021)