Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI SMK NEGERI 1 ACEH BARAT DAYA
Pengarang
IVANDI AKMAL - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1509200050011
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.201 2
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kompetensi manajerial kepala sekolah adalah seperangkat pengetahuan,
keterampilan, keahlian dan kemampuan untuk mengatur dan mengelola sumber daya
melalui aktifitas perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengoordinasian,
pengendalian, pemotivasian dalam usaha mencapai tujuan pendidikan di sekolah yang
telah ditetapkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana kompetensi
manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di SMK Negeri 1
Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan
studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala
sekolah, kepala jurusan dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) Perencanaan program peningkatan motivasi kerja guru ditetapkan oleh kepala
sekolah melalui mekanisme rapat kerja, musyawarah guru dan personil sekolah.
Program yang disusun untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Adapun
jenis program, diantaranya; program pemberdayaan guru seperti; penataran,
workshop dan pelatihan tentang prosedur pengelolaan sarana dan prasarana serta
sosialisasi pengembangan kurikulum pendidikan; (2) Pelaksanaan program
peningkatan motivasi kerja guru dilaksanakan sesuai dengan perencanaan dan skala
prioritas, berdasarkan pembagian tugas yang sesuai dengan tupoksi kerja,
pedoman/teknis kerja, tim work dan setiap hari pihak-pihak yang sudah dilibatkan
dalam bidangnya masing-masing melakukan kegiatan dengan penuh tanggung jawab
dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan; (3) Pengawasan dan evaluasi
program peningkatan motivasi kerja guru secara tidak langsung dilakukan oleh kepala
sekolah, melainkan melalui pengoordinasian dengan wakil kepala sekolah dan
komponen sekolah lainnya; dan (4) Hambatan yang dialami kepala sekolah dalam
program peningkatan motivasi kerja guru adalah; pelaksanaan program terkadang
meleset dari yang direncanakan, komunikasi dan interaksi guru dengan kepala
sekolah tidak transparan, dan pencairan dana tidak sesuai dengan jadwal pelaksanaan
program.
Kata Kunci : Kompetensi Manajerial, Motivasi Kerja, dan Guru
Tidak Tersedia Deskripsi
GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU SDN 69 BANDA ACEH (ELIDAYATI, 2018)
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU PADA SMA NEGERI 2 PULO ACEH ACEH BESAR (Saifullah, 2016)
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI SMK NEGERI 1 ACEH BARAT DAYA (IVANDI AKMAL, 2018)
HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN BABAHROT ACEH BARAT DAYA (AFDHAL JIHAD, 2017)
IMPLEMENTASI KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA MUTU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI RNDI ACEH BARAT (Ferryzal Umar, 2025)