Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MELUKIS DI PAUD MY DREAM SCHOOL BANDA ACEH
Pengarang
Fauziah Nur - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1306104220003
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Fauziah Nur 2017, Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Melukis di PAUD My Dream School Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala,
Pembimbing:
(1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd (2) Dra. Rosma Elly, M.Pd
Kata Kunci: kegiatan melukis, mengembangkan, motorik halus
Melukis yang dimaksud dalam penelitian ini adalah suatu kegiatan yang membutuhkan kreativitas untuk menggambar, mewarnai, mencetak dan melukis dengan kuas, tanpa menggunakan seluruh jari tangan, melainkan dengan jari jempol, jari telunjuk dan jari tengah. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan melukis di PAUD My Dream School Banda Aceh?. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan melukis. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun pada kelompok bermain di PAUD My Dream School Banda Aceh, berjumlah 9 orang terdiri atas 4 laki-laki dan 5 perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I anak yang mulai berkembang (MB) sebanyak 2 anak, 3 orang berkembang sesuai harapan (BSH), dan 4 anak yang berkembang sangat baik (BSB). Pada tindakan siklus II mengalami perkembangan yang sangat baik dari tindakan sebelumnya, yaitu seorang anak yang berkembang sesuai harapan (BSH), 8 anak berkembang sangat baik (BSB). Hasil akhir menunjukkan perkembangan kemampuan motorik halus anak usia dini mencapai 75%. Disimpulkan bahwa melalui kegiatan melukis dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini di PAUD My Dream School Banda Aceh. Sebaiknya guru dapat membuat berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini, salah satunya dapat dilakukan melalui kegiatan melukis.
ABSTRACT
Fauziah Nur 2017, Developing Soft Motoric Skill of Early Age Childhood through Painting Activities at PAUD My Dream School Banda Aceh. Thesis, Early Childhood Education Training Major, Education of Syiah Kuala University,
Supervisor:
(1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd (2) Dra. Rosma Elly, M.Pd
Keywords: painting activity, developing, Soft motoric.
Painting in this research is an activity which need creativity for drawing, coloring, molding and painting using paintbrush, sans using whole fingers, however by using thumb, forefinger, and middle finger. This research raises the topic about developing soft motoric skills of early childhood at PAUD My Dream School Banda Aceh through painting activities ?. The research applied classroom activities reasearch design in 2 cycle. The subjects it self are children under 3-4 years old in a play grouproup at PAUD My Dream School Banda Aceh, amounted 9 person which is consisted by 4 boys and 5 girls. The data gathering is conducted through observation and showing performance. The result of the research showed that in the first cycle of children who started developing (MB) as many as 2 children, 3 people developed according to expectations (BSH), and 4 children developed very well (BSB). In the second cycle of action experienced a very good development of the previous action, which is a child who developed as expected (BSH), 8 children develop very well (BSB). The final result shows the development of fine motoric skills of the early child reaches 75%. It is concluded that through painting activities can develop fine motoric skills of early childhood in early childhood My Dream School Banda Aceh. Better teachers can create various learning activities to develop fine motoric early childhood, one of which can be done through painting activities.
Tidak Tersedia Deskripsi
MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBUAT LUKISAN DARI DAUN KERING DI PAUD HARAPAN BUNDA ACEH BESAR (Khairati, 2019)
MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE DI TK SATU ATAP SD NEGERI ULEE KAREUNG KABUPATEN ACEH BESAR (RUSMINI, 2020)
MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MEDIA BAHAN ALAM DI PAUD IT HAFIZUL ‘ILMI KABUPATEN ACEH BESAR (HELVITA SARI, 2019)
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DENGAN TEKNIK GRAFFITO DI TK PERMATA INTAN KABUPATEN ACEH BESAR (WAN NANDA SHAFIRA, 2021)
PEMANFAATAN BAHAN ALAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENCETAK GAMBAR DI TK IT-HAFIZUL ‘ILMI BAITUSSALAM ACEH BESAR (ROSNITA, 2020)