PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH


Pengarang

ULFA MEIRIDA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103020072

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Meirida, Ulfa. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Mind Mapping pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Negeri 16 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dr. Rahmah Johar, M.Pd (2) Dra. Tuti Zubaidah, M.Pd.
Kata Kunci: Discovery Learning, Mind Mapping, Himpunan
Model pembelajaran adalah model yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang disarankan oleh Kurikulum 2013 adalah model pembelajaran discovery learning. Namun, model pembelajaran discovery learning tidak menuntut untuk menuliskan rangkuman dari konsep-konsep yang terkait dengan materi yang dipelajari. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan tugas kepada siswa di akhir pertemuan untuk membuat mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, tingkat kemampuan siswa membuat mind mapping dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping pada materi himpunan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan uji-t dan persentase terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping pada materi himpunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre Experimental Design dengan desain One Shot Case Study. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 16 Banda Aceh dengan sampel penelitian yaitu kelas VII-1 SMP Negeri 16 Banda Aceh yang berjumlah 21 siswa dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi himpunan, 2) Tingkat kemampuan siswa membuat mind mapping adalah 57,99 (cukup), dan 3) Hasil respon siswa terhadap pembelajaran matematika terhadap model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping menunjukkan hasil yang baik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK