Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH
Pengarang
ULFA MEIRIDA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1306103020072
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Meirida, Ulfa. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Mind Mapping pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Negeri 16 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dr. Rahmah Johar, M.Pd (2) Dra. Tuti Zubaidah, M.Pd.
Kata Kunci: Discovery Learning, Mind Mapping, Himpunan
Model pembelajaran adalah model yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang disarankan oleh Kurikulum 2013 adalah model pembelajaran discovery learning. Namun, model pembelajaran discovery learning tidak menuntut untuk menuliskan rangkuman dari konsep-konsep yang terkait dengan materi yang dipelajari. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan tugas kepada siswa di akhir pertemuan untuk membuat mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, tingkat kemampuan siswa membuat mind mapping dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping pada materi himpunan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan uji-t dan persentase terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping pada materi himpunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre Experimental Design dengan desain One Shot Case Study. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 16 Banda Aceh dengan sampel penelitian yaitu kelas VII-1 SMP Negeri 16 Banda Aceh yang berjumlah 21 siswa dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi himpunan, 2) Tingkat kemampuan siswa membuat mind mapping adalah 57,99 (cukup), dan 3) Hasil respon siswa terhadap pembelajaran matematika terhadap model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping menunjukkan hasil yang baik.
Tidak Tersedia Deskripsi
PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING DI KELAS VII SMP N 10 BANDA ACEH (Muliana, 2020)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA RNPADA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI WILAYAH INDONESIA DI KELAS VI RNSD NEGERI 16 BANDA ACEH (Ibrahim, 2015)
EFEKTIVITAS PROBLEM BASE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA (HATFINA MAKRAMI, 2023)
PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SELF REGULATED LEARNING PESERTA DIDIK (Yusniza, 2023)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Rizkia Arafahanisa, 2016)