MOTIVASI GURU DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MTsN DELIMA KABUPATEN PIDIE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

MOTIVASI GURU DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MTsN DELIMA KABUPATEN PIDIE


Pengarang

Saudah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200050067

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Motivasi merupakan suatu proses atau dorongan yang terdapat dalam diri seseorang
untuk melakukan suatu kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
motivasi guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan
proses belajar mengajar pada MTsN Delima Kabupaten Pidie, yang meliputi: (1)
motivasi guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK); (2) kemampuan
guru dalam merancang siklus-siklus dalam penelitian tindakan kelas (PTK); (3)
upaya guru melaksanakan PTK untuk meningkatkan proses belajar mengajar; dan (4)
kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek dalam
penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, dan dewan guru
MTsN Delima. Hasil penelitian menujukan bahwa motivasi guru dalam
melaksanakan PTK dapat dilihat dari: (1) adanya sosialisasi tentang PTK yang
dilakukan oleh kepala sekolah, adanya pelatihan yang diberikan oleh nara sumber
atau tutor cara pelaksanaan PTK (2) tidak semua guru memiliki kemampuan dalam
menyusun perencanaan siklus-siklus dalam PTK, kerena mereka menghadapi
kendala dalam menentukan metode yang cocok dengan materinya.(3) adanya
pemahaman pentingya disiplin dalam belajar serta adanya praktek belajar sambil
berbuat serta mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar. (4) adanya kendala
yang dihadapi guru dalam melaksanakan PTK dikarenakan kurang rasa percaya diri
untuk berkolaborasi dan berdiri di depan teman-teman, belum memahami PTK
secara mendalam, bahkan mereka kurang mampu menulis apa yang telah dikerjakan
sebagai sebuah laporan.
Kata Kunci: Motivasi dan Proses Belajar Mengajar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK