KONTRIBUSI KEMAMPUAN NUMERIK DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

KONTRIBUSI KEMAMPUAN NUMERIK DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 BANDA ACEH


Pengarang

Alfiza Joan Destria - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103020038

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Destria, Alfiza Joan. 2017. Kontribusi Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dra. Erni Maidiyah, M.Pd (2) Dra. Bintang Zaura, M.Pd

Kata kunci: Kemampuan Numerik, Kemampuan Verbal, Kemampuan Berpikir Kritis Matematika.

Pembelajaran matematika di sekolah diharapkan dapat melatih dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Pada kenyataannya kemampuan berpikir kritis siswa tidaklah seperti yang diharapkan. Penelitian ini berupaya mengungkapkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi kemampuan numerik dan kemampuan verbal secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh, (2) persentase kontribusi kemampuan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh, (3) persentase kontribusi kemampuan verbal terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh, dan (4) persentase kontribusi kemampuan numerik dan kemampuan verbal secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh yang berjumlah 306 siswa. Sampel diambil sebanyak 20% dari keseluruhan populasi, yakni 61 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Data dikumpulkan menggunakan tes. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji korelasi product moment dan uji korelasi ganda. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa terdapat kontribusi kemampuan numerik dan kemampuan verbal secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh. Adapun persentase kontribusi kemampuan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh sebesar 16,48%, persentase kontribusi kemampuan verbal terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh sebesar 2,86%, serta persentase kontribusi kemampuan numerik dan kemampuan verbal secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh adalah sebesar 17,14%.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK