PENGARUH NILAI AWAL TERHADAP PILIHAN MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK UN TAHUN 2017 DI SMAN 9 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH NILAI AWAL TERHADAP PILIHAN MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK UN TAHUN 2017 DI SMAN 9 BANDA ACEH


Pengarang

Elfina - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103030004

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Elfina.2017. Pengaruh Nilai Awal Terhadap Pilihan Mata Pelajaran Fisika Untuk UN Tahun 2017 Di SMAN 9 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :

Drs. Ahmad Farhan, M.Si., (2) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd.

Kata kunci : ujian nasional, nilai awal, mata pelajaran fisika, korelasi biserial

Kemendikbud memberikan perubahan siginifikan dalam pelaksanaan UN tahun 2017 dalam Surat Edaran No.0204/H/EP/2017; dengan diperbolehkannya siswa memilih mata pelajaran yang diujiankan. Siswa yang memilih mata pelajaran fisika sebagai salah satu mata pelajaran UN di jurusan IPA persentasenya dibawah 10%. Penelitian ini mengkaji masalah apakah pilihan mata pelajaran fisika untuk UN tahun 2017 dipengaruhi oleh nilai awalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nilai awal siswa SMAN 9 Banda Aceh terhadap pilihan mata pelajaran fisika untuk UN tahun 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-postfakto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMAN 9 Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu seluruh siswa kelas XII IPA yang berjumlah 3 kelas dengan jumlah 100 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan persamaan korelasi biserial. Hasil analisis didapatkan koefisien korelasi biserial(r_b)=- 0,036. Berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi termasuk korelasi yang sangat lemah atau sangat rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara nilai awal siswa dan pilihan mata pelajaran fisika untuk UN tahun 2017.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK