Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH NILAI AWAL TERHADAP PILIHAN MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK UN TAHUN 2017 DI SMAN 9 BANDA ACEH
Pengarang
Elfina - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1306103030004
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Elfina.2017. Pengaruh Nilai Awal Terhadap Pilihan Mata Pelajaran Fisika Untuk UN Tahun 2017 Di SMAN 9 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :
Drs. Ahmad Farhan, M.Si., (2) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd.
Kata kunci : ujian nasional, nilai awal, mata pelajaran fisika, korelasi biserial
Kemendikbud memberikan perubahan siginifikan dalam pelaksanaan UN tahun 2017 dalam Surat Edaran No.0204/H/EP/2017; dengan diperbolehkannya siswa memilih mata pelajaran yang diujiankan. Siswa yang memilih mata pelajaran fisika sebagai salah satu mata pelajaran UN di jurusan IPA persentasenya dibawah 10%. Penelitian ini mengkaji masalah apakah pilihan mata pelajaran fisika untuk UN tahun 2017 dipengaruhi oleh nilai awalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nilai awal siswa SMAN 9 Banda Aceh terhadap pilihan mata pelajaran fisika untuk UN tahun 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-postfakto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMAN 9 Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu seluruh siswa kelas XII IPA yang berjumlah 3 kelas dengan jumlah 100 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan persamaan korelasi biserial. Hasil analisis didapatkan koefisien korelasi biserial(r_b)=- 0,036. Berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi termasuk korelasi yang sangat lemah atau sangat rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara nilai awal siswa dan pilihan mata pelajaran fisika untuk UN tahun 2017.
Tidak Tersedia Deskripsi
KAITAN NILAI AWAL SISWA TERHADAP PILIHAN MATA PELAJARAN FISIKA UJIAN NASIONAL PADA SMA NEGERI DI BANDA ACEH (NIA KURNIA DEVY, 2019)
ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 5 BANDA ACEH (Fuzna Rahmi, 2016)
PENGARUH NILAI MATA PELAJARAN AL-QUR’AN TERHADAP NILAI MATA PELAJARAN IPA FISIKA SISWA SMP IT LUQMANUL HAKIM FULL DAY SCHOOL ACEH (Laina Maulina, 2020)
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS AKSELERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 3 BANDA ACEH (MILI ANDRIYANI, 2015)
PERBANDINGAN NILAI MATA PELAJARAN SEJARAH DAN PKN PADA SISWA KELAS XI DI SMAN 7 BANDA ACEH (KHAIRAN NADIA, 2024)