Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISI DITINJAU DARI INDEKS PRESTASI KUMULATIF ( SUATU STUDI PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2016)
Pengarang
Cut Irmasita - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1106104030014
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Irmasita,Cut.2018.Motivasi Belajar Mahasiswa Bidikmisi ditinjau dari Indeks Prestasi Kumulatif(Suatu Studi Pada Mahasiswa FKIP Universitas Syiah Kuala Angkatan 2016).Skripsi. Jurusan Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
(1) Dra.Dahliana Abd,M.Pd,Kons., (2) Drs. Martunis, M. Si
Kata Kunci :Motivasi Belajar, Mahasiswa Bidikmisi, Indeks Prestasi Kumulatif.
Penelitian ini mengenai motivasi belajar mahasiswa bidikmisi ditinjau dari indeks prestasi kumulatif (Suatu Studi Pada Mahasiswa FKIP Universitas Syiah Kuala Angkatan 2016).Motivasi belajar dalam perkuliahan dapat menentukan prestasi yang dicapai. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar mahasiswa bidikmisi dan motivasi belajar mahasiswa bidikmisi di tinjau dari indeks prestasi kumulatif (IPK).Teknik pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dalam bentuk deskriptif kuantitatif dengan menggunakan Anova dan Tukey HSD. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa gambaran motivasi belajar mahasiswa Bidikmisi FKIP Unsyiah sebagian besarnya(53,13%) berada pada kategori sedang, artinya mahasiswa memiliki ciri-ciri motivasi yang ditandai dengan ulet menghadapi kesulitan, lebih senang bekerja mandiri, dapat mempertahankan pendapatnya, senang mencari dan memecahkan soal-soal, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, adanya lingkungan belajar yang kondusif dan sebagiannya berada pada kategori tinggi(50,63%) artinya mahasiswa juga memiliki ciri-ciri motivasi yang ditandai dengan tekun dalam mengerjakan tugas, adanya hasrat dan keinginan terhadap apa yang dilakukan, adanya minat dan dorongan yang tinggi terhadap belajar. Data menunjukkan bahwa mahasiswa bidikmisi dengan IPK di atas 3,00 memiliki rata-rata skor motivasi lebih rendah daripada mahasiswa bidikmisi dengan IPK di bawah 3,00, walaupun perbedaaan motivasi yang signifikan hanya diperoleh antara kelompok IPK 2,50-2,99 dan 3,00-3,49.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF PADA MAHASISWA BIDIKMISI JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH (ELSA MAULINA MARDA, 2021)
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISI DENGAN NON BIDIKMISI JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH TAHUN 2016 (ESI MARLIJA, 2020)
HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA JURUSAN
PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP USK ANGKATAN 2016-2017 (NAZARIAH PERMATA PUTRI, 2022)
PERBANDINGAN INDEKS PRESTASI KOMULATIF ANTARA MAHASISWA BIDIKMISI DAN MAHASISWA NON-BIDIKMISI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Fauziatul Fitri, 2020)
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG MENDAPATKAN BEASISWA BIDIKMISI PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Karistianti, 2013)