MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISI DITINJAU DARI INDEKS PRESTASI KUMULATIF ( SUATU STUDI PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2016) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISI DITINJAU DARI INDEKS PRESTASI KUMULATIF ( SUATU STUDI PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2016)


Pengarang

Cut Irmasita - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106104030014

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Irmasita,Cut.2018.Motivasi Belajar Mahasiswa Bidikmisi ditinjau dari Indeks Prestasi Kumulatif(Suatu Studi Pada Mahasiswa FKIP Universitas Syiah Kuala Angkatan 2016).Skripsi. Jurusan Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.

(1) Dra.Dahliana Abd,M.Pd,Kons., (2) Drs. Martunis, M. Si

Kata Kunci :Motivasi Belajar, Mahasiswa Bidikmisi, Indeks Prestasi Kumulatif.

Penelitian ini mengenai motivasi belajar mahasiswa bidikmisi ditinjau dari indeks prestasi kumulatif (Suatu Studi Pada Mahasiswa FKIP Universitas Syiah Kuala Angkatan 2016).Motivasi belajar dalam perkuliahan dapat menentukan prestasi yang dicapai. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar mahasiswa bidikmisi dan motivasi belajar mahasiswa bidikmisi di tinjau dari indeks prestasi kumulatif (IPK).Teknik pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dalam bentuk deskriptif kuantitatif dengan menggunakan Anova dan Tukey HSD. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa gambaran motivasi belajar mahasiswa Bidikmisi FKIP Unsyiah sebagian besarnya(53,13%) berada pada kategori sedang, artinya mahasiswa memiliki ciri-ciri motivasi yang ditandai dengan ulet menghadapi kesulitan, lebih senang bekerja mandiri, dapat mempertahankan pendapatnya, senang mencari dan memecahkan soal-soal, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, adanya lingkungan belajar yang kondusif dan sebagiannya berada pada kategori tinggi(50,63%) artinya mahasiswa juga memiliki ciri-ciri motivasi yang ditandai dengan tekun dalam mengerjakan tugas, adanya hasrat dan keinginan terhadap apa yang dilakukan, adanya minat dan dorongan yang tinggi terhadap belajar. Data menunjukkan bahwa mahasiswa bidikmisi dengan IPK di atas 3,00 memiliki rata-rata skor motivasi lebih rendah daripada mahasiswa bidikmisi dengan IPK di bawah 3,00, walaupun perbedaaan motivasi yang signifikan hanya diperoleh antara kelompok IPK 2,50-2,99 dan 3,00-3,49.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK