Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BANDA ACEH
Pengarang
Winda Handayani - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1206104040125
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Penerbit
Banda Aceh : JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Handayani,Winda. 2017.Implementasi Model Problem Based Learning dalam
Proses Pembelajaran pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri 02 Banda
Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:
(1) Drs. Suid AB, S.Pd. M.Pd., (2)Drs. Bachtiar, M.Pd.
Kata kunci: implementasi, problem based learning, pembelajaran.
Dalam proses pembelajaran di sekolah, guru harus menerapkan model
mengajar agar tujuan pembelajaran tercapai. Salah satu model yang digunakan
guru dalam mengajar adalah problem based learning. Penelitian ini berupaya
mengungkapkan bagaimana guru mengimplementasikan model problem based
learning dalam proses pembelajaran pada siswa di SD Negeri 02 Banda
Aceh.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses implementasi model problem
based learning dalam proses pembelajaran pada siswa di SD Negeri 02 Banda
Aceh.
Pendekatan penelitian ini kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian ini
guru kelas I sampai VI SD Negeri 02 Banda Acehberjumlah 6
orang.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara.Pengolahan
data dilakukan dengan cara mendeskripsikan data.
Berdasarkan hasil penelitian, implementasi problem based learning dalam
proses pembelajaran pada kelas rendah yaitu kelas1 dan 3 guru belum
mengimplementasikan seluruh aspekdikarenakan ada beberapa aspek yang belum
cocok diberikan pada kelas rendah, salah satunya yaitu pada aspek memberikan
tanggung jawab yang besar kepada peserta didik. Sedangkan pada kelas tinggi
yaitu kelas 4 sampai kelas 6, guru sudah mengimplementasikan seluruh aspek
model problem based learning dalam proses pembelajaran.
Kesimpulannya adalah implementasi model problem based learning dalam
proses pembelajaran pada siswa di SD Negeri 02 Banda Aceh belum dapat
diterapkan untuk kelas rendah ini disebabkan guru belum dapat
mengorganisasikan pelajaran di seputar masalah dan guru belum memberikan
tanggung jawab yang besar kepada si swa. Sedangkan pada kelas tinggi sudah
dapat diterapkan model problem based learning karena guru sudah dapat
menerapkan seluruh aspek dalam model problem based learning kepada siswa.
Disarankan guru hendaknya meningkatkan penerapan model problem based
learning.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP DAYA SERAP SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Aulia Purma Irawan, 2023)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERISTIWA ALAM KELAS V SDN 56 BANDA ACEH (raudha hadi, 2015)
INVESTIGATING STUDENTS’ MOTIVATION AND PROBLEMS TOWARD THE USE OF ZOOM PLATFORM IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH PROCESS DURING COVID-19 PANDEMIC (Zuhratul Aini, 2021)
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (FITRIA IKLIMA, 2020)
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMA NEGERI 1 MONTASIK (Hilda Aini Syifa, 2024)