IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BANDA ACEH


Pengarang

Winda Handayani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206104040125

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Handayani,Winda. 2017.Implementasi Model Problem Based Learning dalam
Proses Pembelajaran pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri 02 Banda
Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:
(1) Drs. Suid AB, S.Pd. M.Pd., (2)Drs. Bachtiar, M.Pd.
Kata kunci: implementasi, problem based learning, pembelajaran.
Dalam proses pembelajaran di sekolah, guru harus menerapkan model
mengajar agar tujuan pembelajaran tercapai. Salah satu model yang digunakan
guru dalam mengajar adalah problem based learning. Penelitian ini berupaya
mengungkapkan bagaimana guru mengimplementasikan model problem based
learning dalam proses pembelajaran pada siswa di SD Negeri 02 Banda
Aceh.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses implementasi model problem
based learning dalam proses pembelajaran pada siswa di SD Negeri 02 Banda
Aceh.
Pendekatan penelitian ini kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian ini
guru kelas I sampai VI SD Negeri 02 Banda Acehberjumlah 6
orang.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara.Pengolahan
data dilakukan dengan cara mendeskripsikan data.
Berdasarkan hasil penelitian, implementasi problem based learning dalam
proses pembelajaran pada kelas rendah yaitu kelas1 dan 3 guru belum
mengimplementasikan seluruh aspekdikarenakan ada beberapa aspek yang belum
cocok diberikan pada kelas rendah, salah satunya yaitu pada aspek memberikan
tanggung jawab yang besar kepada peserta didik. Sedangkan pada kelas tinggi
yaitu kelas 4 sampai kelas 6, guru sudah mengimplementasikan seluruh aspek
model problem based learning dalam proses pembelajaran.
Kesimpulannya adalah implementasi model problem based learning dalam
proses pembelajaran pada siswa di SD Negeri 02 Banda Aceh belum dapat
diterapkan untuk kelas rendah ini disebabkan guru belum dapat
mengorganisasikan pelajaran di seputar masalah dan guru belum memberikan
tanggung jawab yang besar kepada si swa. Sedangkan pada kelas tinggi sudah
dapat diterapkan model problem based learning karena guru sudah dapat
menerapkan seluruh aspek dalam model problem based learning kepada siswa.
Disarankan guru hendaknya meningkatkan penerapan model problem based
learning.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK