Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PENERAPAN SISTEM PAKAR FUZZY SEBAGAI PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN KREDIT SEPEDA MOTOR
Pengarang
Nuratika Ira Mentari - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1308101010014
Fakultas & Prodi
Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Logikafuzzy merupakan salah satu solusi sistem cerdas untuk menyelesaikan masalah
komplek yang dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan. Salah satu aplikasi fuzzy
adalah sistem pakarfuzzy sebagai sistem pendukung keputusan suatu masalah. Tulisan
ini membahas tentang penerapan sistem pakar fuzzy sebagai pendukung keputusan
pembelian kredit sepeda motor menggunakan metode fuzzy Mamdani. Sistem ini
dirancang berdasarkan data yang diambil secara umum pada dealer tertentu, dengan
variabel yang digunakan adalah penghasilan per bulan, jumlah anggota keluarga, bunga
kredit per bulan serta harga sepeda motor. Dari sistem pakarfuzzy yang dibangun, dapat
diketahui bahwa faktor utama penentuan layak atau tidak layak konsumen dalam
mengambil kredit adalah penghasilan keluarga per bulan dan jumlah anggota keluarga.
Kata kunci: logikafuzzy , kredit, bunga kredit,fuzzy Mamdani.
ABSTRACT
Fuzzy logic is mathematical tool for dealing with uncertainty. The application of fuzzy
is fuzzy expert system as a decision support system of a problem. This study aims to
application of expert fuzzy system as a supporter of motorcycle purchase decision using
fuzzy Mamdani method. The designed system based on data taken generally to certain
dealers with variables used were their income per month, members of family, interest
credit per month, and hand price of motorcycle. The result indicated that the main
factors determining worthy or not worthy of credit motorcycle consumers is their
income per month and members of family.
Keywords:fuzzy logic, credit, interest credit, fuzzy Mamdani
Tidak Tersedia Deskripsi
FUZZY INFERENSI SISTEM (FIS) MAMDANI UNTUK MENENTUKAN KEPUTUSAN KREDIT SEPEDA MOTOR HONDA (Yuna Sari, 2022)
PENGARUH PROMOTION MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA DI KOTA BANDA ACEH (Cut Fani Trisna, 2024)
PENGARUH BRAND IMAGE DAN PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR KAWASAKI DI PT MEGANUSA SEMESTA SHOWROOM DEALER KAWASAKI CABANG ACEH (ESKA WINSEE SIAHAAN, 2023)
PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMENRN(STUDI TERHADAP MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Syarifah Munira, 2014)
PERBEDAAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BERDASARKAN SPONSORSHIP DAN CELEBRITY ENDORSER PADA IKLAN TELEVISI (STUDI PADA KONSUMEN SEPEDA MOTOR SKUTIK MEREK HONDA DAN SEPEDA MOTOR SKUTIK MEREK YAMAHA DI BANDA ACEH) (Rifayanti, 2017)