Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
KECERDASAN LOGIS MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA SMA
Pengarang
DECY PRAMITA SARI YUSNA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1509200160037
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Decy Pramita Sari Yusna.(2018). Kecerdasan Logis Matematis melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa SMA.
Manusia dapat berkembang karena memiliki berbagai kecerdasan yang terdapat dalam dirinya, namun tidak semua kecerdasan dapat menjadi keunggulan dari dirinya. Peneliti berfokus pada kecerdasan logis matematis. Kecerdasan logis matematis siswa yaitu kemampuan untuk menangani bilangan dan perhitungan, pola, dan pemikiran logis. Upaya yang diharapkan guru dengan pemilihan model pembelajaran sebagai alternatif untuk dapat meningkatkan potensi kecerdasan yang dimiliki. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa selama dan setelah pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh sebanyak satu kelas, kemudian dipilih 6 siswa untuk di wawancara lebih lanjut dengan kriteria 1 siswa memenuhi empat aspek kecerdasan logis matematis, 2 siswa memenuhi tiga aspek kecerdasan logis matematis dan 3 siswa memenuhi dua aspek kecerdasan logis matematis. Data berupa jawaban siswa diperoleh dari tes kecerdasan logis matematis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kecerdasan logis matematis selama pembelajaran berbasis proyek setiap kelompok memenuhi minimal empat dari lima aspek kecerdasan logis matematis, sedangkan setelah pembelajaran berbasis proyek memenuhi minimal tiga dari lima aspek kecerdasan logis matematis. Dari ke-enam subjek, satu subjek memenuhi empat dari lima aspek kecerdasan logis matematis dan lima subjek memenuhi tiga dari lima aspek kecerdasan logis matematis. Dengan demikian kecerdasan logis matematis siswa berkembang setelah diterapkan model pembelajaran berbasis proyek.
Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Program Linear
Tidak Tersedia Deskripsi
KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN KONTEKS KEBENCANAAN (Siti Fatimah, 2020)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KECERDASAN LINGUISTIK-VERBAL DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS (SRY RASYIIDU TEBE, 2019)
KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DI KELAS VII MTSN 4 BANDA ACEH (Aulia Putri Miranda, 2019)
PEMAHAMAN SISWA TENTANG GRAFIK DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL DAN LOGIS MATEMATIS PADA SISWA KELAS XI MAN 1 BANDA ACEH (DHIAN GUNANJAR, 2018)
PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL (Desi Aria Mustika, 2019)