KECERDASAN LOGIS MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA SMA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KECERDASAN LOGIS MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA SMA


Pengarang

DECY PRAMITA SARI YUSNA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1509200160037

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Decy Pramita Sari Yusna.(2018). Kecerdasan Logis Matematis melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa SMA.
Manusia dapat berkembang karena memiliki berbagai kecerdasan yang terdapat dalam dirinya, namun tidak semua kecerdasan dapat menjadi keunggulan dari dirinya. Peneliti berfokus pada kecerdasan logis matematis. Kecerdasan logis matematis siswa yaitu kemampuan untuk menangani bilangan dan perhitungan, pola, dan pemikiran logis. Upaya yang diharapkan guru dengan pemilihan model pembelajaran sebagai alternatif untuk dapat meningkatkan potensi kecerdasan yang dimiliki. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa selama dan setelah pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh sebanyak satu kelas, kemudian dipilih 6 siswa untuk di wawancara lebih lanjut dengan kriteria 1 siswa memenuhi empat aspek kecerdasan logis matematis, 2 siswa memenuhi tiga aspek kecerdasan logis matematis dan 3 siswa memenuhi dua aspek kecerdasan logis matematis. Data berupa jawaban siswa diperoleh dari tes kecerdasan logis matematis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kecerdasan logis matematis selama pembelajaran berbasis proyek setiap kelompok memenuhi minimal empat dari lima aspek kecerdasan logis matematis, sedangkan setelah pembelajaran berbasis proyek memenuhi minimal tiga dari lima aspek kecerdasan logis matematis. Dari ke-enam subjek, satu subjek memenuhi empat dari lima aspek kecerdasan logis matematis dan lima subjek memenuhi tiga dari lima aspek kecerdasan logis matematis. Dengan demikian kecerdasan logis matematis siswa berkembang setelah diterapkan model pembelajaran berbasis proyek.

Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Program Linear

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK