Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDACEH
Pengarang
Siti Sara - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1106103020072
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kata kunci: Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Treffinger,
Segiempat.
Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan matematis yang masih perlu mendapat perhatian guru dalam pembelajaran matematika. Kemampuan ini belum seperti yang diharapkan. Upaya menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dilakukan melalui penerapan model pembelajaran Treffinger. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 16 Banda Aceh pada materi segiempat melalui model pembelajaran Treffinger. Penelitian ini melibatkan 19 siswa kelas VII SMP Negeri 16 Banda Aceh. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui pemberian tes kemampuan berpikir kreatif. Analisis data penelitian dilakukan sesuai dengan penjenjangan tingkat kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100% siswa masih berada pada tingkat kemampuan berpikir kurang kreatif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semua siswa kelas VII SMP Negeri 16 Banda Aceh masih berada pada tingkat kemampuan berpikir kurang kreatif dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif pada materi segiempat. Setelah diterapkan model pembelajaran Treffinger, guru perlu memperhatikan kesiapan siswa dalam melaksanakan langkah-langkah model pembelajaran Treffinger berkaitan dengan kemampuan yang dimiliki siswa. Rendahnya tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa disebabkan karena siswa belum terbiasa menerima pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Treffinger atau siswa kurang terbiasa jika dihadapkan dengan soal-soal terbuka yang mempunyai banyak strategi penyelesaian.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA PADA MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA INDONESIA (RIZKY TRIMUNANDAR, 2024)
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER (Isnaini, 2017)
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT DI SMPN 1 SEUNAGAN (Cut Putri, 2021)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP (Risa Handayani, 2017)
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT BERDASARKAN PEMECAHAN MASALAH POLYA DI SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (SISWA, 2023)