TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDACEH


Pengarang

Siti Sara - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103020072

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci: Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Treffinger,
Segiempat.

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan matematis yang masih perlu mendapat perhatian guru dalam pembelajaran matematika. Kemampuan ini belum seperti yang diharapkan. Upaya menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dilakukan melalui penerapan model pembelajaran Treffinger. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 16 Banda Aceh pada materi segiempat melalui model pembelajaran Treffinger. Penelitian ini melibatkan 19 siswa kelas VII SMP Negeri 16 Banda Aceh. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui pemberian tes kemampuan berpikir kreatif. Analisis data penelitian dilakukan sesuai dengan penjenjangan tingkat kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100% siswa masih berada pada tingkat kemampuan berpikir kurang kreatif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semua siswa kelas VII SMP Negeri 16 Banda Aceh masih berada pada tingkat kemampuan berpikir kurang kreatif dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif pada materi segiempat. Setelah diterapkan model pembelajaran Treffinger, guru perlu memperhatikan kesiapan siswa dalam melaksanakan langkah-langkah model pembelajaran Treffinger berkaitan dengan kemampuan yang dimiliki siswa. Rendahnya tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa disebabkan karena siswa belum terbiasa menerima pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Treffinger atau siswa kurang terbiasa jika dihadapkan dengan soal-soal terbuka yang mempunyai banyak strategi penyelesaian.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK