KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL DI SD NEGERI 1 LUENGPUTU KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL DI SD NEGERI 1 LUENGPUTU KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA


Pengarang

Hafnidar - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306104040020

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAHKUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Hafnidar. 2017. Kemampuan Guru dalam Menerapkan Keterampilan Membimbing
Diskusi Kelompok Kecil di SD Negeri 1 Luengputu Kecamatan Bandar Baru
Kabupaten Pidie Jaya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dra. Alfiati Syafrina, M.Pd., (2) Drs. Soedirman Z, M.Pd,
Kata Kunci: kemampuan guru, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil
Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil adalah salah satu cara yang dapat
dilakukan untuk memfasilitasi sistem pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa
secara kelompok. Untuk itu keterampilan guru harus dilatih dan dikembangkan,
sehingga para guru memiliki kemampuan untuk melayani siswa dalam melakukan
kegiatan pembelajaran kelompok kecil. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimana kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan membimbing
diskusi kelompok kecil di SD Negeri 1 Luengputu Kecamatan Bandar Baru
Kabupaten Pidie Jaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan membimbing diskusi kelompok
kecil di SD Negeri 1 Luengputu Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
jenis penelitian deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang guru yang
mengajar di SD Negeri 1 Luengputu Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan
wawancara. Kemudian data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 5 dari 6 orang guru di SD Negeri 1
Luengputu Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya telah mampu menerapkan
keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dengan kategori baik. Hal ini
dapat dilihat pada data aktivitas guru YS pada ketegori baik yaitu 4,06 atau 81%,
guru RK pada ketegori baik yaitu 4,37 atau 87%,guru AZ pada ketegori baik yaitu
4,18 atau 83%, guru IS pada ketegori sangat baik yaitu 4,62 atau 92% dan guru ZA
pada ketegori baik yaitu 3,38 atau 77%. 1 orang guru diantaranya yaitu guru RS
pada ketegori cukup baik yaitu 3,37 atau 67%dalam membimbing diskusi kelompok
kecil.
Simpulan dari penelitian ini adalah guru yang di SD Negeri 1 Luengputu
Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya telah mampu membimbing diskusi
kelompok kecil dengan baik. Hal itu dapat dilihat dari indikator keterampilan
membimbing diskusi kelompok kecil yang secara umum dilaksanakan dengan baik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK