KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS III SD NEGERI 2 KLIENG ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS III SD NEGERI 2 KLIENG ACEH BESAR


Pengarang

Maria Ulfah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006104090075

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci: Ketuntasan belajar, materi pecahan, model pembelajaran kooperatif tipe NHT

Proses pembelajaran pada materi pecahan biasanya lebih berpusat pada guru, sehingga interaksi antar siswa tidak maksimal. Akibatnya siswa cenderung pasif sehingga berdampak pada hasil belajar yang belum memuaskan. Salah satu strategi dalam mengatasi masalah ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT di Kelas III SD Negeri 2 Klieng Aceh Besar pada materi pecahan. Penelitian ini berjudul “Ketuntasan belajar siswa pada materi pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas III SD Negeri 2 Klieng Aceh Besar”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa kelas III SD Negeri 2 Klieng Aceh Besar setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada materi pecahan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Klieng Aceh Besar berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh melalui lembar observasi dan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah nilai rata-rata hasil tes belajar siswa 77,08. Dan secara klasikal ketuntasan belajar siswa mencapai 91,67% atau telah tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi pecahan di kelas III SD Negeri 2 klieng Aceh besar.










Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK