Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA
Pengarang
Fajriati - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1209200160009
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2017
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Fajriati, Penerapan Pendekatan Scientific Berbantuan Software Geogebra untuk
Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa
SMA
Abstrak. Salah satu tujuan pembelajaran matematika SMA yang harus dimiliki
siswa sesuai dengan yang diamanatkan oleh NCTM (2000) adalah kemampuan
komunikasi matematis. Selain kemampuan komunikasi matematis tinggi rendahnya
self-efficacy siswa juga merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan siswa
dalam pembelajaran matematika, namun kenyataannya kemampuan komunikasi
matematis dan self-efficacy siswa di Indonesia masih tergolong rendah, untuk itu
diperlukan pendekatan atau model pembelajaran yang dapat meningkatkan
kemampuan siswa tersebut. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa adalah pendekatan
scientific berbantuan software geogebra. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa
dengan pendekatan scientific berbantuan software geogebra. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain
berbentuk Pretest-Postest Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Jangka dan yang menjadi sampel penelitian
adalah kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA2 sebagai kelas kontrol.
Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan
pendekatan scientific berbantuan software geogebra lebih baik daripada siswa
dengan penerapan pendekatan scientific tanpa bantuan software geogebra. Analisis
data self-efficacy menunjukkan bahwa self-efficacy siswa sesudah penerapan
pendekatan scientific berbantuan software geogebra meningkat.
Kata Kunci : Software Geogebra, Pendekatan Scientific, Kemampuan Komunikasi
Matematis, Self-efficacy
Tidak Tersedia Deskripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOFTWARE HOT POTATOES (FATIMAH NUR, 2017)
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMA (YUVERNI SELVY, 2018)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (LIZA RAHMAH, 2018)
KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI LIMIT FUNGSI DI SMA (Dwy Lestari, 2023)
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MINAT SISWA MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN GEOGEBRA DI SMP (Bahagia, 2022)