PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA


Pengarang

Fajriati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1209200160009

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Fajriati, Penerapan Pendekatan Scientific Berbantuan Software Geogebra untuk
Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa
SMA
Abstrak. Salah satu tujuan pembelajaran matematika SMA yang harus dimiliki
siswa sesuai dengan yang diamanatkan oleh NCTM (2000) adalah kemampuan
komunikasi matematis. Selain kemampuan komunikasi matematis tinggi rendahnya
self-efficacy siswa juga merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan siswa
dalam pembelajaran matematika, namun kenyataannya kemampuan komunikasi
matematis dan self-efficacy siswa di Indonesia masih tergolong rendah, untuk itu
diperlukan pendekatan atau model pembelajaran yang dapat meningkatkan
kemampuan siswa tersebut. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa adalah pendekatan
scientific berbantuan software geogebra. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa
dengan pendekatan scientific berbantuan software geogebra. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain
berbentuk Pretest-Postest Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Jangka dan yang menjadi sampel penelitian
adalah kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA2 sebagai kelas kontrol.
Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan
pendekatan scientific berbantuan software geogebra lebih baik daripada siswa
dengan penerapan pendekatan scientific tanpa bantuan software geogebra. Analisis
data self-efficacy menunjukkan bahwa self-efficacy siswa sesudah penerapan
pendekatan scientific berbantuan software geogebra meningkat.

Kata Kunci : Software Geogebra, Pendekatan Scientific, Kemampuan Komunikasi
Matematis, Self-efficacy




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK