Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA
Pengarang
NURUL AUFA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1509200160009
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2017
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Matematika penting diajarkan pada semua jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Pembelajaran matematika tidak cukup diajarkan dengan mencatat dan contoh-contoh saja, akan tetapi harus diikuti dengan mengerjakan latihan-latihan tentang materi yang sudah diajarkan. Kurikulum 2013 mengamatkan untuk mengintegrasikan ICT dalam pembelajaran, salah satunya pada materi matriks. Matriks merupakan salah satu materi matematika yang dirasakan sulit oleh siswa, siswa cenderung mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan matriks. Hal ini disebabkan guru hanya memberikan contoh-contoh saja dan kurangnya menggunakan latihan-latihan dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dalam masalah ini adalah model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep yaitu model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Model pembelajaran MMP merupakan suatu program yang didesain untuk membantu guru dalam hal efektivitas penggunaan latihan-latihan agar siswa mencapai peningkatan pemahaman konsep. Pelaksanaan model pembelajaran MMP dapat lebih maksimal dengan memanfaatkan ICT dalam pembelajaran seperti software GeoGebra, namun hingga saat ini belum tersedia ide dan cara mengajar yang mengintegrasikan ICT dalam pembelajaran matematika yang dapat digunakan guru. Sedangkan kemampuan guru dalam mengembangkan pembelajaran yang mengintegrasikan ICT masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri atas tahap investigasi awal, tahap perancangan, dan tahap penilaian. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 2 Subulussalam. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh perangkat pembelajaran Model MMP berbantuan Software GeoGebra dikatakan valid terlihat dari hasil validasi menunjukkan kreteria valid. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikatakan praktis terlihat dalam rekomendasi validator bahwa perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan sedikit revisi dan keterlaksanaan pembelajaran rata-rata 5 tergolong kriteria sangat baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikatakan efektif terlihat dari rata-rata aktivitas on task siswa baik, rata-rata aktivitas siswa juga baik, adanya peningkatan skor tes formatif, guru dan siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan perangkat pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran model MMP berbantuan software GeoGebra yang terdiri atas materi ajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Tes Hasil Belajar (THB) memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, model Missouri Mathematics Project, dan software GeoGebra.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMP MELALUI MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN MENGGUNAKAN GAME MATEMATIKA ONLINE (Andriani, 2019)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP (Nuri Hafiza, 2021)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (LIZA RAHMAH, 2018)
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN (MARDALENA, 2021)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN CABRI 3D (Nurul Asma, 2017)