Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP
Pengarang
Risa Handayani - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1509200160022
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2017
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Risa Handayani (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP.
Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan matematis yang harus diberikan kepada peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun berdasarkan tes awal yang diberikan, kemampuan berpikir kreatif peserta didik masih rendah. Model pembelajaran Treffinger merupakan salah satu model yang menangani masalah kreativitas secara langsung dengan melibatkan keterampilan kognitif maupun afektif. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti di tiga SMP kota Banda Aceh, belum tersedia perangkat pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Treffinger maupun model pembelajaran yang menuntut siswa dalam berpikir kreatif lainnya. Maka diperlukan suatu pengembangan perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kevalidan diperoleh dari hasil analisis penilaian validator yang mencapai sangat valid dan kesepakatan antar validator yang mencapai kategori baik untuk RPP, LKPD, THB,dan materi ajar. Kepraktisan terlihat dari hasil keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata persentase 93%, dan hasil analisis respon guru mencapai kategori sangat baik. Selanjutnya keefektifan terlihat pada hasil respon positif peserta didik diperoleh persentase 89,5% dan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik pada indikator kelancaran mencapai 97,7%, indikator keluwesan mencapai 86,7%, dan indikator keaslian mencapai 23,5%, sehingga kemampuan berpikir kreatif berada pada tingkat 3 (kreatif). Oleh karena itu, perangkat pembelajaran dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci: perangkat pembelajaran, Model pembelajaran Treffinger, Kemampuan berpikir kreatif matematis
Tidak Tersedia Deskripsi
TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDACEH (Siti Sara, 2018)
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER (Isnaini, 2017)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA PADA MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA INDONESIA (RIZKY TRIMUNANDAR, 2024)
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL LAPS (LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING)-HEURISTIK (USWATUL HUSNA, 2018)
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (Desi Maya Sari, 2019)