PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 5 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 5 BANDA ACEH


Pengarang

Ade Irma - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106104010036

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) / PDDIKTI : 83206

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Ade, Irma. 2017. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 5 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dra. Fitriana, M.Si., (2) Dra. Indani, M.Si.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar
Penelitian berjudul “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 5 Banda Aceh”, dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan orang tua dalam memotivasi belajar siswa, prestasi belajar serta faktor-faktor penghambat yang dihadapi orang tua dalam memotivasi belajar siswa di SMP Negeri 5 Banda Aceh. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 44 dengan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, pengolahan data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan upaya yang dilakukan orang tua dalam memotivasi belajar siswa: lebih dari setengah (54,54%) responden selalu menyarankan anak belajar setiap harinya, mengawasi secara rutin belajar dirumah dan memberikan bimbingan belajar tambahan pada anak diluar jam sekolah. Selanjutnya lebih dari setengah (52,27%) responden kadang-kadang memantau perkembangan anak di sekolah melalui guru wali kelas. Prestasi belajar siswa sebagian besar anak (68,18%) kadang-kadang masuk dalam peringkat 10 besar dikelasnya, dan lebih dari setengah anak (56,81%) kadang-kadang meraih prestasi di ajang perlombaan sekolah dan lembaga pendidikan. Faktor-faktor penghambat yang dihadapi orang tua dalam memotivasi belajar siswa sebagian besar (65,90%) responden tidak ada ruangan khusus belajar hanya dikamar dan pada umumnya (84,09%) responden selalu memenuhi kebutuhan alat-alat belajar anaknya, selain itu lebih dari setengah (56,81%) responden berusaha melengkapi fasilitas belajar anak dengan cara berangsur, dan selalu memberikan penghargaan jika anak mendapat prestasi. Disimpulkan bahwa umumnya para orang tua sudah berperan baik dalam memotivasi belajar anaknya, dengan adanya dukungan orang tua anak lebih semangat didalam mencapai prestasi belajarnya. Kepada orang tua untuk terus memberikan bimbingan dan arahan yang baik bagi pendidikan anaknya, karena bimbingan dan arahan yang tepat dapat menjadi semangat dan motivasi bagi anak dalam menggapai cita-cita, orang tua adalah pendidik pertama tempat anak mendapat pendidikan dimulai sejak anak lahir. Orang tua juga diharapkan dapat menggunakan waktu luang untuk memperhatikan perkembangan anaknya, agar anak tidak salah dalam menjalani aktivitas kesehariannya baik dirumah, disekolah maupun dilingkungan masyarakat.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK