PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM KELAS V SDN 29 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM KELAS V SDN 29 BANDA ACEH


Pengarang

Ayu Makfirah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206104040038

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Makfirah, Ayu. 2017. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Komponen Ekosistem Kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dr. Hajidin, M.Pd (2) Drs. Alfiati Syafrina, M.Pd
Kata Kunci: Media Audio Visual, Hasil Belajar, Subtema Komponen Ekosistem.
Hasil observasi yang dilakukan penulis di SD Negeri 29 Banda Aceh, hasil belajar siswa pada subtema komponen ekosistem masih rendah. Penelitian ini berupaya memgungkapkan Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Komponen Ekosistem Kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. dengan rumusan masalah “adakah pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada subtema komponen ekosistem di kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada subtema komponen ekosistem di kelas V SDN 29 Banda Aceh.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah jenis True Experimental (eksperimen murni). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh, yang menjadi sampel adalah siswa kelas V-A yang berjumlah 30 orang siswa dan siswa kelas V-B yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dilakukan dengan pemberian tes yang berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal.
Pengolahan data dengan menggunakan rumus statistik uji-t. berdasarkan hasil penelitian diperoleh t hitung = 2,82 dan t tabel = 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa nilai t > t dan menyimpulkan bahwa hipotesis alternative (ha) yang berbunyi “Terdapat pengaruh yang signifikan antara media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada subtema komponen ekosistem” dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, penggunaan media audio visual berpengaruh baik terhadap hasil belajar siswa pada subtema komponen ekosistem pada kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh”.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK