Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
TANGGUNG JAWAB PARA PIHAK TERHADAP WANPRESTASI AKIBAT KERUSAKAN MOBIL RENTAL (SUATU PENELITIAN DI BANDA ACEH)
Pengarang
IRMA YUNITA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1303101010095
Fakultas & Prodi
Fakultas Hukum / Ilmu Hukum (S1) / PDDIKTI : 74201
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Hukum., 2017
Bahasa
Indonesia
No Classification
346.077
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Irma Yunita, TANGGUNG JAWAB PARA PIHAK
TERHADAP WANPRESTASI AKIBAT
2017 KERUSAKAN MOBIL RENTAL
(Suatu Penelitian di Banda Aceh)
Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala
(viii,52),pp.,bibl.,app.
(Muzakkir Abubakar, S.H., S.U.)
Pasal 1560 KUH Perdata menentukan empat macam kewajiban penyewa, yaitu membayar uang sewa sesuai dengan jumlah dan waktunya, memakai barang yang disewa secara patut, menanggung segala kerusakan yang terjadi selama masa sewa-menyewa, dan mengembalikan barang yang disewa kepada yang menyewakan sesuai waktunya, akan tetapi dalam praktek terdapat dua perusahaan mobil rental yang berada di Banda Aceh, yaitu CV. Adiguna Rentcar dan CV. Caecar Rentcar, dimana mobil rental mengalami kerusakan pada masa penyewaan, dan kemudian penyewa menolak bertanggung jawab untuk mengganti kerugian yang diakibatkan olehnya, sehingga terjadinya wanprestasi.
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor penyebab terjadinya waprestasi dalam kerusakan pada mobil rental, mengetahui dan menjelaskan bentuk tanggung jawab para pihak atas kerusakan pada mobil rental, dan juga untuk mengetahui dan menjelaskan upaya yang dapat dilakukan para pihak untuk menyelesaikan sengketa kerusakan pada mobil rental.
Penelitian ini digunakan metode penelitian yuridis empiris, jenis data diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan membaca peraturan perundang-undangan, buku-buku, dan materi lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanprestasi yang terjadi pada CV. Adiguna Rentcar dan CV. Caecar Rentcar disebabkan karena 3 (tiga) hal, yaitu penyewa tidak berprestasi, keliru dalam berprestasi, dan kurangnya pemahaman akan isi kontrak.Tanggung jawab yang dap at dilakukan oleh penyewa adalah dengan ganti rugi. Ganti rugi terbagi menjadi 3 (tiga) macam, yaitu biaya, rugi, dan bunga. Adapun upaya yang dapat dilakukan oleh para pihak untuk menyelesaikan sengketa adalah secara musyawarah kekeluargaan, kemudian akan dilakukannya negosiasi. Jika dengan cara musyawarah kekeluargaan tersebut sengketa belum dapat diselesaikan dengan baik, maka pihak perusahaan akan melakukan somasi, dengan cara mengirimkan surat teguran. Apabila surat teguran tersebut tidak juga bisa menyelesaikan sengketa, maka perusahaan akan melakukan tuntutan hukum.
Disarankan agar para pihak dapat memenuhi prestasi sebagaimana semestinya,dan dapat bertanggungjawab atas apa yang menjadi kewajibannya terhadap mobil rental, sehingga dapat menghindarkan terjadinya wanprestasi.
Tidak Tersedia Deskripsi
TANGGUNG JAWAB HUKUM PENYEWA MOBIL DALAM KASUS KERUSAKAN MOBIL RENTAL (SUATU PENELITIAN DI CV. ATA FAMILY GROUP DI KOTA LHOKSEUMAWE) (Raisha Nazhira Mahdi, 2024)
PENYELESAIAN SENGKETA SEWA MENYEWA KENDARAAN BERMOTOR RODA EMPAT YANG DIGADAIKAN (SAFIRA NATASHA, 2018)
TANGGUNG JAWAB PIHAK PENYEWA ATAS TERJADINYA PENGULANGAN SEWA MOBIL (SUATU PENELITIAN PADA CV. FATIH INDONESIA DAN CV. NABERKAH DI KABUPATEN ACEH BESAR) (MOELYANA RIZKY RIDWAN, 2016)
TANGGUNG JAWAB PENYEWA TERHADAP KERUSAKAN MOBIL YANG DISEWA PADA CV. KHAIRUL BERSAUDARA RENT CAR DI KOTA BANDA ACEH (Fathih Akbar Pratama, 2025)
WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN SEWA MENYEWA MOBIL (SUATU PENELITIAN DI KOTA TAPAKTUAN DAN BANDA ACEH) (Indah Pratiwi, 2016)