TANGGUNG JAWAB PARA PIHAK TERHADAP WANPRESTASI AKIBAT KERUSAKAN MOBIL RENTAL (SUATU PENELITIAN DI BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

TANGGUNG JAWAB PARA PIHAK TERHADAP WANPRESTASI AKIBAT KERUSAKAN MOBIL RENTAL (SUATU PENELITIAN DI BANDA ACEH)


Pengarang

IRMA YUNITA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1303101010095

Fakultas & Prodi

Fakultas Hukum / Ilmu Hukum (S1) / PDDIKTI : 74201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Hukum., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

346.077

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Irma Yunita, TANGGUNG JAWAB PARA PIHAK
TERHADAP WANPRESTASI AKIBAT
2017 KERUSAKAN MOBIL RENTAL
(Suatu Penelitian di Banda Aceh)
Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala
(viii,52),pp.,bibl.,app.

(Muzakkir Abubakar, S.H., S.U.)
Pasal 1560 KUH Perdata menentukan empat macam kewajiban penyewa, yaitu membayar uang sewa sesuai dengan jumlah dan waktunya, memakai barang yang disewa secara patut, menanggung segala kerusakan yang terjadi selama masa sewa-menyewa, dan mengembalikan barang yang disewa kepada yang menyewakan sesuai waktunya, akan tetapi dalam praktek terdapat dua perusahaan mobil rental yang berada di Banda Aceh, yaitu CV. Adiguna Rentcar dan CV. Caecar Rentcar, dimana mobil rental mengalami kerusakan pada masa penyewaan, dan kemudian penyewa menolak bertanggung jawab untuk mengganti kerugian yang diakibatkan olehnya, sehingga terjadinya wanprestasi.
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor penyebab terjadinya waprestasi dalam kerusakan pada mobil rental, mengetahui dan menjelaskan bentuk tanggung jawab para pihak atas kerusakan pada mobil rental, dan juga untuk mengetahui dan menjelaskan upaya yang dapat dilakukan para pihak untuk menyelesaikan sengketa kerusakan pada mobil rental.
Penelitian ini digunakan metode penelitian yuridis empiris, jenis data diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan membaca peraturan perundang-undangan, buku-buku, dan materi lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanprestasi yang terjadi pada CV. Adiguna Rentcar dan CV. Caecar Rentcar disebabkan karena 3 (tiga) hal, yaitu penyewa tidak berprestasi, keliru dalam berprestasi, dan kurangnya pemahaman akan isi kontrak.Tanggung jawab yang dap at dilakukan oleh penyewa adalah dengan ganti rugi. Ganti rugi terbagi menjadi 3 (tiga) macam, yaitu biaya, rugi, dan bunga. Adapun upaya yang dapat dilakukan oleh para pihak untuk menyelesaikan sengketa adalah secara musyawarah kekeluargaan, kemudian akan dilakukannya negosiasi. Jika dengan cara musyawarah kekeluargaan tersebut sengketa belum dapat diselesaikan dengan baik, maka pihak perusahaan akan melakukan somasi, dengan cara mengirimkan surat teguran. Apabila surat teguran tersebut tidak juga bisa menyelesaikan sengketa, maka perusahaan akan melakukan tuntutan hukum.
Disarankan agar para pihak dapat memenuhi prestasi sebagaimana semestinya,dan dapat bertanggungjawab atas apa yang menjadi kewajibannya terhadap mobil rental, sehingga dapat menghindarkan terjadinya wanprestasi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK