ANALISIS KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL KIMIA BERBASIS MAKROSKOPIK DAN SIMBOLIK PADA MATERI HUKUM DASAR DAN PERHITUNGAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 1 INDRAPURI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL KIMIA BERBASIS MAKROSKOPIK DAN SIMBOLIK PADA MATERI HUKUM DASAR DAN PERHITUNGAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 1 INDRAPURI


Pengarang

Nurul Aulia - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103040019

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

541.394

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci: makroskopik, simbolik, hukum dasar dan perhitungan kimia
Telah dilakukan penelitian tentang analisis kemampuan penyelesaian soal kimia berbasis makroskopik dan simbolik pada materi hukum dasar dan perhitungan kimia di kelas X SMA Negeri 1 Indrapuri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Indrapuri dalam menyelesaikan soal berbasis makroskopik dan simbolik pada materi hukum dasar dan perhitungan kimia. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan yang diambil menggunakan teknik nonprobability sampling dengan tipe purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu soal tes multiple choice dan rubrik penilaian. Data diperoleh dengan cara menganalisis jawaban siswa dalam menyelesaikan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata kemampuan makroskopik dan simbolik siswa secara berurutan sebesar 62,5% dan 50,0%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan makroskopik siswa lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan simbolik, (2) kemampuan simbolik siswa masih rendah dalam hal konsep mol dan menyederhanakan soal, (3) Pemahaman makroskopik siswa lebih lama disimpan dalam memori dan siswa lebih mudah mengingat konsep makroskopik (4) pemahaman level simbolik siswa lebih baik jika sejalan dengan perhitungan matematis siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK