OPTIMISASI LAHAN PARKIR DENGAN BENTUK LAHAN PARKIR SEGITIGA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

OPTIMISASI LAHAN PARKIR DENGAN BENTUK LAHAN PARKIR SEGITIGA


Pengarang

Teti Sundari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1208101010031

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Satuan ruang parkir (SRP) adalah ukuran luas efektif untuk meletakkan kendaraan, termasuk ruang bebas dan lebar bukaan pintu kendaraan (mobil). Penelitian ini berusaha membangun model optimisasi satuan ruang parkir (SRP) pada lahan parkir segitiga. Metode Integer Linear Programming (ILP) digunakan untuk menentukan jumlah SRP maksimum di suatu lahan parkir. Lahan parkir segitiga yang dioptimasi adalah lahan parkir segitiga sama kaki dan lahan parkir segitiga sama sisi dengan menggunakan empat kemungkinan baris dan lima kemungkinan sudut untuk setiap lahan. Pada setiap lahan parkir segitiga dilakukan optimisasi untuk dua jenis kendaraan, yaitu mobil dan sepeda motor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lahan parkir segitiga sama kaki memiliki SRP optimal sebesar 218 unit SRP, dengan rincian 84 unit SRP mobil dan 134 unit SRP sepeda motor. Lahan parkir segitiga sama sisi memiliki SRP optimal sebesar 688 unit SRP maksimum dengan rincian 175 unit SRP mobil dan 513 unit SRP sepeda motor.
Kata kunci: Optimisasi, Model Satuan Ruang Parkir (SRP), lahan parkir segitiga, Metode Integer Linear Programming.





ABSTRACT


Parking space unit (PSU) is an effective measure for the size of the vehicles, including the free space and the width of the door opening of the vehicle (car). This study tried to build an optimization model parking space (PSU) on triangular parking lot. Integer Linear Programming (ILP) method is used to determine the maximum number of the PSU. The triangular parking lot is in isosceles and equilateral triangles shape and implements four possible rows and five possible angles for each field. The vehicles which are considered are cars and motorcycles. The results show that the isosceles triangular parking area has 218 units of optimal PSU, which are 84 units of PSU for cars and 134 units of PSU for motorcycles. Equilateral triangular parking area has 688 units of optimal PSU, which are 175 units of PSU for cars and 513 units of PSU for motorcycles.
Keywords: Optimization, Parking Space Unit (PSU) Models, Triangular parking area, Integer Linear Programming.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK