PELAKSANAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI DI KABUPATEN PIDIE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PELAKSANAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI DI KABUPATEN PIDIE


Pengarang

Nurfaizah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103030058

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIDKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Nurfaizah (2017). Pelaksanaan Pendekatan Scientific pada Pembelajaran Fisika di SMA Negeri di Kabupaten Pidie.Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing:
(1) Drs. Ahmad Farhan, M.Si (2) Drs. Soewarno, S, M.Si
Kata kunci: Pendekatan Scientific, Pembelajaran Fisika
Penelitian yang berjudul “Pelaksanaan pendekatan scientific pada pembelajaran Fisika di SMA Negeri di kabupaten Pidie”. Meninjau masalah bagaimana implementasi pendekatan scientific telah di laksanakan dalam pembelajaran Fisika di SMA Negeri kabupaten Pidie. Tujuan penelitian untuk mengetahui kriteria yang di capai dalam implementasi pendekatan scientific pada mata pelajaran Fisika di SMA Negeri di kabupaten Pidie. Subjek dalam penelitian ini adalah semua guru fisika SMAN yang menerapkan kurikulum 2013 yaitu SMAN 1 Sigli, SMAN 2 Sigli, SMAN Unggul Sigli, SMAN 1 Mutiara, dan SMAN 1 Sakti. Sedangkan Objek yaitu rancangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang di buat guru dan angket pelaksanaan pendekatan scientific. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode (1) kuesioner, dan (2) dokumentasi. Data dianalisis deskriptif kualitatif menggunakan persamaan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendekatan scientific pada pembelajaran Fisika di SMA Negeri di kabupaten Pidie tergolong dalam kategoro baik. Persentase rata-rata pelaksanaan pendekatan scientific sebesar 77,85% ini berarti pelaksanaan pendekatan scientific di sekolah-sekolah tersebut untuk pembelajaran fisika selalu di implementasikan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK