Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Pengarang
Rifki Maqfirah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1409200160016
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2017
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Rifki Maqfirah (2017). Peningkatan Kemampuan Representasi dan Disposisi Matematis Siswa MTsN melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL)
Pembelajaran matematika yang kurang melibatkan siswa menyelesaikan masalah non-rutin mengakibatkan rendahnya kemampuan representasi matematis siswa. Seterusnya, kurangnya keterlibatan siswa selama pembelajaran matematika juga berakibat kepada rendahnya disposisi matematis siswa yang meliputi rasa percaya diri, keingintahuan serta kegigihan siswa dalam belajar matematika. Pembelajaran matematika dengan Model Problem Based Learning (PBL) dapat membantu siswa menumbuhkan kemampuan representasi dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi dan disposisi matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan menggunakan model PBL dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain Pre-test Post-tes Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Tungkop Aceh Besar, sedangkan sampel penelitian yaitu siswa kelas VII3 (kelas ekperimen) dan siswa kelas VII4 (kelas kontrol). Instrumen penelitian terdiri atas tes representasi matematis dan angket disposisi matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model PBL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model PBL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional, dan 3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan representasi matematis dengan disposisi matematis siswa. Dengan demikian, diharapkan guru selalu berusaha meningkatkan kemampuan representasi maupun disposisi matematis siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran model problem based learning (PBL), Kemampuan representasi matematis, Disposisi matematis
Tidak Tersedia Deskripsi
KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Yuni Herdiana, 2018)
KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MTSN 4 BANDA ACEH (NURUL FITRI, 2019)
KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LINGKARAN DENGAN KONTEKS KEPRAMUKAAN DI SMPN 8 BANDA ACEH (SUAIBATUL ASLAMIAH, 2019)
PERKEMBANGAN UPAYA GURU MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP (SITI RAHMAH, 2019)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Nurul Fitri, 2016)