MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017


Pengarang

YENNY SAFRINA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103020066

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Safrina, Yenny. Motivasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Quantum Teaching di Kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dra. Yuhasriati, M.Pd., (2) Suhartati, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: motivasi belajar, hasil belajar, matematika, Quantum Teaching.
Motivasi merupakan salah satu faktor yang sangat dibutuhkan oleh siswa sebagai langkah awal dalam pembelajaran untuk mendapatkan hasil belajar yang baik, kenyataannya motivasi siswa dalam belajar matematika masih rendah. Model Quantum Teaching diharapkan dapat membantu guru memotivasi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kategori motivasi belajar matematika siswa melalui penerapan model Quantum Teaching di kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-6 yang terdiri atas 29 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi siswa berupa angket, sedangkan hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 17 siswa (58,62%) dengan kategori motivasi sedang dan 12 siswa (41,38%) dengan kategori motivasi tinggi melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa motivasi memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini, guru dapat meluaskan pelaksanaan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi matematika lainnya untuk menumbuhkan motivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK