Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
Kemampuan Pemahaman Matematis, Metakognitif, dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Penggunaan Media Komputer di SMP
Pengarang
khalisna - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1109200160009
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
370.15
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Khalisna (2013). Kemampuan Pemahaman Matematis, Metakognitif, dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Penggunaan Media Komputer di SMP.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penggunaan media komputer dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan suatu studi kuasi eksperimen dengan desain penelitian. Selain itu diungkap pula aspek metakognitif dan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media komputer. Subjek populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan bantuan media komputer yaitu Cabri Geometry II Plus dan Macromedia Flash 8 dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran konvensional) melalui teknik purposive sampling dari delapan kelas paralel yang tersedia. Pengumpulan data digunakan instrumen berupa tes kemampuan pemahaman matematis, lembar pertanyaan metakognitif, dan angket kemandirian belajar siswa. Untuk melihat adanya perbedaan kemampuan siswa antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol digunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 setelah prasyarat pengujian terpenuhi dan hasil uji statistik kemudian dianalisis dengan bantuan SPSS 16 For Windows dan Microsoft Excel 2007 untuk menginterpretasikan kemampuan pemahaman matematis siswa serta kemandirian belajar dan kemampuan metakognitif siswa terhadap pembelajaran menggunakan media komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan bantuan media komputer lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional yaitu pada kategori tinggi. Berdasarkan analisis lembar metakognitif siswa yang memperoleh pembelajaran dengan media komputer rata-rata kemampuan metakognitif siswa lebih baik dibandingkan pertemuan-pertemuan sebelumnya dan analisis data skala kemandirian siswa menunjukkan kemandirian belajar yang positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan media komputer.
Kata kunci: Penggunaan media komputer, kemampuan pemahaman matematis, metakognitif, dan kemandirian belajar.
Tidak Tersedia Deskripsi
PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MATERI PERPANGKATAN DI KELAS X SMAN 3 BANDA ACEH (Anisah, 2023)
PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMA (NELLIANI, 2018)
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (Listika Burais, 2016)
PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUIPENDEKATAN METAKOGNITIF (Ainuna Fasha, 2016)
PENERAPAN PENDEKATAN SAVI DAN PENDEKATAN REALISTIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP (Asmaul Husna, 2016)