Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
LAPORAN KERJA PRAKTEK
ANALISIS FAKTOR KEAMANAN DAN PENANGANAN LERENG PADA RUAS JALAN BLANG KEUJEREN - PEURELAK KABUPATEN GAYO LUWES MENGGUNAKAN SOFTWARE PLAXIS
Pengarang
T M HASAN BASRI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1304001010031
Fakultas & Prodi
Fakultas Teknik / Teknik Sipil (D3) / PDDIKTI : 22401
Penerbit
Banda Aceh : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017
Bahasa
Indonesia
No Classification
625.7
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Jalan Blang Keujeren – peureulak, Kecamatan Pining, Kabupaten Gayo Luwes, Provinsi Aceh. Jalan tersebut merupakan daerah hutan pinus dengan volume lalulintas rendah. Hujan deras yang sering terjadi telah mengakibatkan ruas jalan Blang Keujeren – Lokop mengalami kelongsoran dan mengikis badan jalan dari 4 m hingga tersisa 3 m. Jalan mengalami kerusakan parah dan sangat memprihatinkan, karena badan jalan yang longsor ini sangat berbahaya bagi pengendara yang melewati jalur tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dicari solusi yang optimal, sehingga dibutuhkan suatu analisis stabilitas lereng. Tujuan dari analisis stabilitas lereng tersebut adalah untuk memperoleh nilai faktor keamanan (safety factor) yang memenuhi persyaratan keamanan. Umumnya nilai faktor keamanan FK > 1,25 untuk kondisi existing dan FK ? 1,5 untuk lereng dengan perkuatan. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan Metode Elemen Hingga dengan bantuan program plaxis. Analisis stabilitas lereng dilakukan pada kondisi lereng eksisting dan lereng dengan menggunakan perkuatan secant pile dengan diameter 0.620 m dengan jarak 0.537 m. Berdasarkan perhitungan pada ruas jalan lintasan Blang Keujeren – pereulak di STA.0+225 dan STA.0+250 di dapatkan nilai faktor keamanan masing-masing sebesar 1,086 dan 1,152 pada kondisi existing, hal ini menunjukan bahwa dengan adanya jalan raya pada permukaan lereng merupakan beban terhadap lereng, yang akan mempercepat proses terjadinya kelongsoran, sehingga perlu dilakukan usaha perkuatan lereng menggunakan secant pile. Jenis perkuatan secant pile terbukti mampu menjaga kestabilan lereng. Setelah dilakukan alternatif perkuatan dengan pemasangan dinding penahan tanah dengan mengunakan secant pile mampu memperoleh faktor keamanan yang lebih besar yaitu 1,286 dan 1,329. Hasil analisis yang telah dilakukan diharapkan dapat berguna untuk memberikan informasi mengenai metode perkuatan lereng menggunakan secant pile, sehingga bisa dimanfaatkan oleh pihak terkait untuk penanganan longsor.
Kata kunci : Stabilitas lereng, faktor keamanan, secant pile, plaxis.
Tidak Tersedia Deskripsi
ANALISIS KELONGSORAN DAN FAKTOR KEAMANAN TERHADAP KERUSAKAN BADAN JALAN DIPERKUAT DENGAN RETAINING WALL TIPE KANTILEVER DAN MINIPILE MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS VERSI 8.6 LUES-BLANGKEJEREN (Banta Usman, 2020)
ANALISIS STABILITAS LERENG PADA RUAS JALAN BLAN GKEJEREN - LAWEAUNAN KABUPATEN GAYO LUES PROPINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (ZULFAHMI, 2023)
PENGARUH KADAR AIR TERHADAP STABILITAS LERENG JALAN TAKENGON-UWAK STA. 04+500 PROVINSI ACER DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS (RIZA OFANSHA, 2024)
ANALISIS STABILITAS LERENG TERHADAP TINGGI TIMBUNAN YANG MENYEBABKAN KERUSAKAN BADAN JALAN (STUDI KASUS RUAS JALAN NASIONAL BANDA ACEH – MEDAN STA. 83+135 GUNUNG SEULAWAH) (Wihardi, 2018)
ANALISIS STABILITAS LERENG DENGAN PERKUATAN GEOGRID PADA RUAS JALAN BANDA ACEH-MEULABOH DI PROVINSI ACEH MENGGUNAKAN SOFTWARE PLAXIS 8.2 (Fuadi Ubaidillah, 2016)