MODEL OPTIMASI LAHAN PARKIR GRAPARI BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE SATUAN RUANG PARKIR (SRP) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

MODEL OPTIMASI LAHAN PARKIR GRAPARI BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE SATUAN RUANG PARKIR (SRP)


Pengarang

Phounna Mandira C - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1208101010025

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Satuan Ruang Parkir (SRP) adalah metode yang membentuk ruang petak parkir untuk lahan parkir. Penelitian ini dilakukan pada lahan parkir Graha Pari Seraya (GraPARI) Telkomsel yang berada di Jln.Tgk.Daud Beureuh No.23 Banda Aceh bertujuan untuk mengoptimisasi lahan parkir agar dapat menampung kendaraan roda empat dan roda dua lebih banyak dari sebelumnya dengan memaksimumkan ruang petak parkir pada lahan GraPARI . Data yang digunakan merupakan data Primer yang dilakukan pengamatan pada 17 Oktober – 22 Oktober dari hari Senin sampai Sabtu. Pengamatan dilakukan pada pukul 10.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB untuk hari Senin, Selasa, Rabu dan Kamis. Khusus hari Jumat pengamatan dihentikan saat ibadah sholat Jumat dan pada hari Sabtu pengamatan dilakukan sampai pukul 14.00 WIB. Metode Integer Linear Programming (ILP) digunakan untuk menentukan jumlah SRP maksimum lahan parkir. Selanjutnya, untuk menentukan jumlah kendaraan yang datang dan keluar serta durasi parkir dilaksanakan survey pada lahan GraPARI. Hasil penelitian yang didapat bahwa terbentuknya 3 jenis lahan parkir GraPARI, diantara ketiga jenis lahan tersebut yang paling optimal adalah jenis lahan parkir pertama. Lahan parkir pertama memiliki 5 Zona yang terdiri dari Zona A dan Zona B untuk kendaraan beroda empat memiliki 27 SRP maksimum dan Zona C, Zona D, dan Zona E untuk kendaraan roda dua memiliki 204 SRP maksimum.
Kata Kunci : Satuan Ruang Parkir (SRP), GraPARI, Metode Integer Linear Programming, Lahan Parkir, Optimisasi, Data Primer.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK