PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR DAN RETENSI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR DAN RETENSI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN


Pengarang

FITRI RAUDHAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1509200150007

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Fitri Raudhah : Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching untuk Meningkatkan Motivasi
Belajar, Hasil belajar dan Retensi Siswa pada Materi Sistem Pencernaan di MAS Darul Ulum
Banda Aceh.
Pembimbing I Dr. Hasanuddin, M.Si,. Pembimbing II Dr. Safrida, M.Si.

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran peer teaching untuk
meningkatkan motivasi belajar, hasil belajar dan retensi siswa pada materi sistem pencernaan di
MAS Darul Ulum Banda Aceh. Pengambilan data dilakukan pada bulan Januari 2017. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretestpostest
control
group
design.
Penelitian
ini
dilaksanakan
pada
dua
kelas
yaitu
XI
MIA
1
sebagai

kelas
kontrol
dan
XI
MIA
2
sebagai
kelas
eksperimen.
Instrumen
yang
digunakan
adalah
angket

motivasi
untuk
melihat
motivasi
belajar
siswa,tes
objektif
yang
terdiri
dari
20
soal
pilihan
ganda

untuk
melihat
hasil
belajar,
tes
objektif
yang
terdiri
dari
20
soal
pilihan
ganda
postes
yang
sudah

diacak

untuk melihat retensi siswa. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney dengan
bantuan SPSS 17.0 for windows pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian nilai motivasi belajar
kelas eksperimen pertemuan pertama adalah 65,71% termasuk kategori baik dan kelas kontrol
pertemuan pertama 46,7% termasuk kategori baik. Pertemuan kedua nilai motivasi belajar kelas
eksperimen 98% termasuk kategori baik dan pada kelas kontrol 86,7% termasuk kategori baik.
Persentase peningkatan hasil belajar kelas eksperimen adalah 60% termasuk kategori tinggi dan
kelas kontrol 27% termasuk kategori rendah. Pada nilai retensi siswa kelas eksperimen adalah
91% termasuk kategori sangat tinggi dan kelas kontrol 63% termasuk kategori rendah. Dari
ketiga variabel yang telah diukur hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode peer
teaching dapat meningkatkan motivasi belajar, hasil belajar dan retensi siswa pada materi sistem
pencernaan di MAS Darul Ulum Banda Aceh

Kata Kunci: Peer Teaching, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Retensi Siswa, Sistem Pencernaan

Fitri Raudhah : The Implementation of Peer Teaching Method in Increasing Learning Motivation,
Output, and Retention in the Concept of Digestive System at Islamic Senior High School (MAS)
Darul Ulum Banda Aceh.
Advisor I Dr. Hasanuddin, M.Si., Advisor II Dr. Safrida, M.Si.
ABSTRACT
The objective of this research was to identify the implementation of Peer Teaching Method in
increasing learning motivation, output, and retention in the concept of Digestive System at Islamic
Senior High School (MAS) Darul Ulum Banda Aceh. Data used in this research were collected in
January 2017. Experimental method with pretest-posttest control group design was used in this
research. There were two classes chosen as the samples of this research, namely class XI MIA 1 as the
control group and XI MIA 2 as the experimental group. A questionnaire measuring students’ learning
motivation, an objective test with 20 multiple-choice items measuring students’ learning output, and
the objective test with 20 randomized items measuring students’ learning retention were used as the
research instruments. The data that have been collected were analyzed by means of Mann-Whitney U
Test supported by SPSS 17.0 for Windows with significance level of 0.05. The results showed that the
average score of students’ motivation in the experimental group was 65,71% included good category
while the control group obtained 46,7% included good category. The second result motivation in the
experimental group was 98% included good category and control group obtained 86,7% included
good category. In addition, N-gain scores of both classes were also measured, the experimental group
got 60% included very high category, and the control group got 27% included low category.
Moreover, the average score of students’ retention in the experimental group was 91% included very
high category while the control group reached 63% included low category. By considering the three
variables measured above, it could be concluded that the implementation of Peer Teaching Method
increased the learning motivation, learning output, and learning retention of the students in the
concept of Digestive System at Islamic Senior High School (MAS) Darul Ulum Banda Aceh.
Keywords: Peer Teaching, Learning Motivation, Learning Output, Learning Retention, Digestive
System.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK