Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FISIKA DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH
Pengarang
Tsorayya Utami - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1106103030070
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203
Penerbit
Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci : Tingkat pendidikan orang tua, Hasil belajar
Tingkat pendidikan adalah tahap pendidikan yang berkelanjutan, yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik, tingkat kerumitan bahan pelajaran dan cara penyajian bahkan pengajaran. Adapun tingkat pendidikan yang ditempuh oleh orang tua siswa bermacam-macam, mulai dari tingkat pendidikan dasar, menengah dan tingkat pendidikan tinggi. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti mengadakan penelitian di lembaga pendidikan, apakah tingkat pendidikan orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar anaknya. Karena faktor tinggi rendahnya hasil belajar siswa bukan hanya bergantung pada tingkat pendidikan orang tua, tetapi juga ada faktor lainnya seperti lingkungan tempat tinggal, adanya dorongan internal dari dalam diri siswa begitu juga dengan dorongan dan pengaruh dasar dari orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atau hubungan tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMP Negeri 11 Banda Aceh. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah 131 siswa SMP Negeri 11 Banda Aceh. Karena populasinya 131 siswa, maka digunakan teknik random sampling. Sampel yang diambil adalah 65 siswa SMP Negeri 11 Banda Aceh. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket tingkat pendidikan orang tua siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji linieritas, korelasi pearson product moment dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMP Negeri 11 Banda Aceh.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERBEDAAHN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA ATLET BINAAN DISPORA KOTA BANDA ACEH DENGAN SISWA NON ATLET PADA SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Nadia Juwita, 2017)
ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 5 BANDA ACEH (Fuzna Rahmi, 2016)
PENGARUH MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TIMANG GAJAH (Muhammad Juanda, 2023)
PENGARUH NILAI MATA PELAJARAN AL-QUR’AN TERHADAP NILAI MATA PELAJARAN IPA FISIKA SISWA SMP IT LUQMANUL HAKIM FULL DAY SCHOOL ACEH (Laina Maulina, 2020)
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FISIKA DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Tsorayya Utami, 2017)