PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FISIKA DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FISIKA DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH


Pengarang

Tsorayya Utami - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103030070

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci : Tingkat pendidikan orang tua, Hasil belajar
Tingkat pendidikan adalah tahap pendidikan yang berkelanjutan, yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik, tingkat kerumitan bahan pelajaran dan cara penyajian bahkan pengajaran. Adapun tingkat pendidikan yang ditempuh oleh orang tua siswa bermacam-macam, mulai dari tingkat pendidikan dasar, menengah dan tingkat pendidikan tinggi. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti mengadakan penelitian di lembaga pendidikan, apakah tingkat pendidikan orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar anaknya. Karena faktor tinggi rendahnya hasil belajar siswa bukan hanya bergantung pada tingkat pendidikan orang tua, tetapi juga ada faktor lainnya seperti lingkungan tempat tinggal, adanya dorongan internal dari dalam diri siswa begitu juga dengan dorongan dan pengaruh dasar dari orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atau hubungan tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMP Negeri 11 Banda Aceh. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah 131 siswa SMP Negeri 11 Banda Aceh. Karena populasinya 131 siswa, maka digunakan teknik random sampling. Sampel yang diambil adalah 65 siswa SMP Negeri 11 Banda Aceh. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket tingkat pendidikan orang tua siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji linieritas, korelasi pearson product moment dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMP Negeri 11 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK